Buku Ajaib Buat Mujahid Yang Merindukan Syahid[bag 3]

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram

SEJARAH MELETUSNYA PERANG DI AFGHANISTAN

  1. Raja Muhammd Zhahir Syah pada usianya yang ke-19 tahun dia menjabat sebagai raja Afghanistan pada tahun 1933 M. Di awal kepemimpinannya beliau sangat disenangi oleh rakyat Afghanistan dan nyaris tidak ada masalah. Kemudian pada tahun 50-an beliau mulai terhiasi oleh kepentingan Amerika dengan aktivitas Revolusi islam. Selanjutnya dia mengadakan sidang umum. Di dalam acara tersebut dia membawa sehelai kerudung wanita muslimah dan meletakkannya di bawah telapak kakinya saraya berkata: masa kegelapan telah selesai selama-lamanya !!
  2. Kemudian sepupu raja Mohammad Zhahir Syah yang bernama Mohammad Dawud di angkat sebagai perdana mentri pada tahun 1953 M sekaligus memegang pertahanan dan mentri luar negeri. Dawud juga tergolong orang yang condong kepada pemahan komunis. Dawud menjabat perdana mentri selama 10 tahun berturut-turut. Dan selama itu pula kebangkitan islam mengalami kemerosotan. Kondisi itu dimanfaatkan oleh komunis untuk mengembangkan diri. Rusia membiayai misinya dengan dana sebesar tiga juta Rubel yang alokasinya kepada pembangunan jalan raya dan pinjaman negara.
  3. Pada tahun 1959 M Prof. Ghulam Muhammad Niyazi menjadi dosen di jurusan Syari’ah Universitas Kabul. Kemudian naik jabatan menjadi dekan jurusan syariah pada tahun 1969 M. Beliau adalah mahasiswa lulusan Mesir dan orang yang memiliki karakter harokah islamiyah. Beliau tergerak untuk mendidik generasi yang peka terhadap hukum buatan manusia dan generasi yang siap meghadapi kaum komunis.
  4. Di antara orang-orang yang terekrut oleh beliau adalah seorang mahasiswa bernama Burhanuddin Rabbani dan Abdurrabbi Rasul Sayyaf serta beberapa guru yang dekat dengan beliau. Selanjutnya Burhanuddin Rabbani dan Abdurrabbi rasul Sayyaf menjadi dosen di Universitas tersebut. Perkembangan kebangkitan islam di sini tergolong sangat lambat hingga tahun 1968 M. Lalu beberapa ustadz itu menyusun rencana untuk beralih kepada membentuk perkumpulan mahasiswa di kampus dan di tempat lainnya. Pertama kali mengadakan perkumpulan mahasiswa adalah tahun 1968. perkumpulan itu dihadiri oleh 14 mahasiswa. Di antara mereka adalah Abdurrahim Niyazi, Rabbani ‘Athisy, Munthawi Habiburrahman. Kemudian ditunjuklah Abdurrabbi Rasul Sayyaf dan Burhanuddin Rabbani sebagai penanggungjawab. Kemudian oraganisasi itu dinamakan Juanan Musliman, yang artinya pemuda islam pada tahun 1969 M. Organisasi ini diketuai oleh Abdurrahim Niyazi dari kalangan mahasiswa. Pada saat itu Hekmatiar masih berada di dalam penjara karena dia memimpin demonstrasi anti komunis hingga terjadi bentrok fisik antara mahasiswa muslim dan mahasiswa komunis yang menewaskan satu mahasiswa komunis. Dia difonis oleh pengadilan dengan hukuman 1,5 tahun. Setelah tahun 1972 M pemuda islam harokah islamiyah mengganti nama oraganisasi mereka dengan al Jam’iyyah al Islamiyyah.

Burhanuddin terpilih sebagai pemimpin al Jam’iyyah al Islamiyyah, bertindak sebagai wakilnya adalah Abdurrabbi sayyaf dan Hekmatiar yang masih di dalam penjara, terpilih sebagai pengendali komando sekaligus komandan sayap militer yang diwakili oleh Ir. Habiburrahman. Sedangkan nama Prof. Ghulam Muhammad Niyazi disembunyikan, dan beliau memimpin dari balik layar.

  1. Pada tahun 1973 M terjadi peristiwa pemilihan dewan mahasiswa di Universitas Kabul dan suara tarbanyak diraih oleh kelompok persatuan islam. Sehingga hal itu menjadikan orang-orang komunis merasa gerah dan mereka mengundang duta besar Uni Soviet untuk memberikan sambutan di dalam sebuah pertemuan. Dia berkata: Sesungguhnya pada masa yang akan datang negara ini akan dikuasai oleh Ikhwanul Muslimin.
  2. Pada Bulan Juli tahun 1973 M Rusia mengganti Raja Mohammad Zhahir Syah dan mengangkat Muhammad Dawud. Rusia meminta agar Dawud menyingkirkan hrokah islamiyyah. Enam bulan pertama pasca jabatan barunya, Hekmatyar dibebaskan dari penjara. Diapun mulai menjalin hubungan dengan para tokoh-tokoh penting harokah islamiyyah yang ada di sayap militer. Saat itu kekuatan militer harokah islamiyyah dilengkapi dengan tenk dan pesawat tempur. Hekmatiar berkata: kekuatan kami saat ini lebih besar daripada kekuatan Dawud. Maka Hekmatyar mulai melakukan operasi militer melawan pemerintahan dawud, namun tidak ada satupun dari operasi itu yang berhasil. Kegagalan itu disebabkan karena ada salah satu perwira yang masuk ke dalam tubuh pasukan Hikmatyar. Maka setelah mereka gagal Hekmatyar dan Rabbani lari menuju Pesyawar bergabung bersama beberapa kelompok seperjuangan. Sedangkan Syekh Sayyaf dan Ghulam Muhammad Niyazi ditangkap oleh pemerintah Dawud.
  3. Setibanya Hekmatyar dan Rabbani beserta beberapa pemuda islam di Pesyawar, mereka mulai menyusun strategi baru dan membentuk dewan majlis syura. Majlis itu dipimpin oleh Rabbani. Mereka bermusyawarah tentang strategi baru untuk menghadapi Dawud. Di dalam musyawarah itu terjadi dua pendapat. Burhanuddin Rabbani berpendapat melakukan perlawanan melalui jalur politik strategis, pernyataan kepada pemerintahan Dawud dan melakukan sabotase. Dan Hekmatyar berpendapat melakukan konfrontasi bersenjata melawan Dawud. Ternyata mayoritas suara memilih pendapat Hikmatyar, karena mayoritas adalah para pemuda yang semangat untuk berjihad.
  4. Kelompok pertama yang terdiri dari pemuda islam masuk ke Afghanistan dan menguasai lembah Ponsyir, namun pasukan Dawud sudah mengetahui dan mereka telah bersiap siaga, sehingga sebagian pasukan islam tertangkap dan sebagian yang lain gugur sebagai syuhada. Di antara mereka yang syahid adalah Dr. Muhammad Umar, Saifuddin dan Maulawi Habiburrahman.
  5. Majlis Syura kembali bermusyawarah di Pesyawar untuk melakukan langkah baru. Rabbani menyalahkan tindakan Hikmatyar yang telah mengorbankan darah saudara-saudara seislam. Rabbani  kembali mengusulkan agar perang sementara dihentikan, namun Hekmatyar tetap teguh dengan pendapatnya untuk meneruskan peperangan. Majlis syura itu berulang kali mengadakan musyawarah dan akhirnya para pemuda memilih Hekmatyar menjadi pemimpin. Kemudian pada pertemuan yang dihadiri oleh Jalaluddin Haqqoni Hekmatyar mengganti nama organisasi al Jam’iyyah al Islamiyyah menjadi al Hizbu al Islami. Tidak lama kemudian Al Qodhi Muhammad Amin dipilih sebagai pemimpin baru untuk al Hizbi al Islami. Rabbani dan Hekmatyar pun masuk di bawah kepemimpinan Muhammad Amin yang menjabat selama tiga tahun.
  6. Hekmatyar bersama para pemuda melanjutkan perang gerilya melawan pemerintahan Dawud, sampai mereka menculik Mir Akbar Khaibar. Peristiwa itu menyebabkan Rusia jengkel kepada Dawud, karena dianggap Dawud tidak mampu menyelesaikan maslah harokah islamiyyah. Maka Dawud mulai berfikir untuk membersihkan orang-orang komunis yang ingin merebut kekuasaannya.
  7. Pemerintahan Dawud berkuasa sejak Juli tahun 1973 M sampai 27April 1978 M. selama masa itu tidak sedikit korban pembantaian dari umat islam yang dilakukan oleh Dawud. Kira-kira 600 pemuda islam yang dipimpin oleh Ir. Habiburrahman gugur sebagai syahid. Namun jumlah itu belum cukup di mata Rusia, yang menginginkan agar Dawud kaum muslimin sebanyak-banyaknya sampai tercipta keamanan bagi komunis. Maka Rusia menyusun kekuatan bersama beberapa partai komunis Afghanistan baik di jajaran militer atau politik untuk melawan Dawud. Apalagi setelah Rusia menyaksikan pemerintahan Dawud tidak mampu menghadapi harokah islamiyah, malah justru bahaya angkatan bersenjata harokah islamiyah semakin menjadi ancaman yang besar bagi komunis. Demikian pula dengan beberapa negara di dunia islam yang mencoba untuk mengambil alih urusan pemerintahan Dawud. Dawud sendiri berfikir bahwa dirinya akan diganti seperti yang terjadi pada pemimpin sebelumnya. Maka dia mulai menyingkirkan orang-orang komunis yang masih berada di tubuh militer, namun sayang ibarat penyakit telah kronis. Terjadilah peristiwa sebagaimana ketika Rusia bertindak menghadapi persoalan Somalia.
  8. Pada bulan April tahun 1978 M, Taraki mulai berambisi untuk menyingkirkan Dawud. Dia membunuh Dawud beserta seluruh anggota keluarganya. Darahnya dibiarkan mengalir di dalam istana Negara agar disaksikan oleh rakyat Afghanistan. Di awal masa kekuasaannya Taraki membantai 15.000 muslim, dia juga membuat beberapa hukum yang menyelisihi hukum islam –kususnya hukum-hukum menyangkut kaum wanita– dan sebagian hukum kepemilikan. Dia juga memerintahkan kepada media elektronik, seperti radio, agar tidak menyiarkan kegiatan-kegiatan islam, menghapus semua materi agama islam di sekolah dan perguruan tinggi. Dia mengganti semua itu dengan hukum komunis dan sosialis serta mewajibkan kepada rakyat, yang petani, buruh dan kaum wanita untuk mengikuti pendidikan faham sosialis.

Setelah itu keluarlah fatwa ulama yang memfonis Taraki telah kafir dan wajib untuk berjihad melawannya. Fatwa ulama ini ternyata memiliki bobot yang cukub berat bagi rakyat Afghanistan. Fatwa ini memberikan pengaruh yang luar biasa untuk menggugah dan menggerakkan mereka. Maka beberapa kabilah pun bangkit menyambut fatwa tersebut dan mereka menyerbu wilayah Herat dan berhasil mengibarkan bendera tauhid. Selanjutnya diadakan kongres rakyat yang dihadiri oleh lebih dari 100.000 umat islam di Herat untuk merayakan kemenangan dan menyusun rencara baru untuk menyambung lagi perang melawan pemerintah.

Pada saat itulah Taraki mengumpulkan kekuatan besar dari angkatan darat dan udara dan menyerbu wilayah Herat, mereka menyerbu wilayah itu dengan lontaran granat dan meriam. Korban dari kaum musliminpun mencapai 30.000 muslim dalam sehari. Peristiwa herat menjadi paku besar peti mati mayat Taraki yang dibuktikan dengan bermunculan perlawanan jihad melawan Taraki di segala penjuru Afghanistan. Kondisi itu menyebabkan beberapa brigade militer bergabung bersama al Hizbu al Islami, seperti brigade Zaibal, Asmar dan Nahrowain. Taraki pun menjadi stress dengan membumihanguskan seluruh desa Karhallah yang terdiri dari 1.116 pemuda, semuanya menjadi korban pembantaian.

  1. Perlawanan melwan Taraki semakin menjadi-jadi dan beberapa kabilah juga ikut bangkit dengan jiwa keislamannya menentang pemerintah Taraki. Taraki sendiri tidak tinggal diam, dia menggunakan segala cara kejam dan biadab untuk melawan perlawanan rakyat Afghanistan, sampai 2000 orang menjadi korban pembantaiannya.
  2. Hafizhullah Amin adalah laki-laki terkuat di tubuh pemerintahan Taraki. Dia mendapat kepercayaan memegang sayap militer sejak tahun tujuhpuluhan. Dialah orang yang menggulingkan kursi kekuasaan Dawud yang dibantu oleh orang-orang Komunis Rusia. Untuk melaksanakan misi ini ditunjuk sebagai ketua adalah Abdul Qodir, Muhammad Aslam dan Thanjar. Amin jugalah orang yang mengusir Karmal Babrak dari kursi politik, ketika dia memimpin partai Bersyim (salah satu partai Komunis). Kemudian Karmal dikirim ke Barag dan terakhir diketahui dia terbang menuju Moskow.

Pada Bulan Maret 1979 M Amin menjabat sebagai perdana mentri. Pada awal bulan September 1979 terjadi kongres di Hafana. Taraki pergi ke Moskow atas permintaan Breshnev untuk menjemput Karmal, namun gagal karena Karmal tidak diterima lagi oleh Amin. Maka Rusia memerintahkan Taraki untuk membunuh Amin. Selanjutnya mereka mengatur rencara pembunuhan tersebut. Namun salah satu perwira terdekat Taraki membocorkan rencana ini kepada Amin, perwira tinggi itu bernama Dawud Tsaron dan dia juga yang mengatur rencana pembunuhan Amin di bandara udara pada saat dia melakukan pertemuan dengan Taraki. Selanjutnya Amin memberi tanggungjawab keamanan umum kepada Ali Syah Bayman selaku komando kepolisian bandara. Amin akhirnya dapat selamat, kemudian Taraki datang dan mengadakan pertemuan dengan duta besar Rusia di Kabul yang menghasilkan kesepakatan mengirim seseorang untuk mengikuti Amin dan membunuhnya. Namun justru yang terjadi sebaliknya, Amin menangkap Taraki pada tanggal 15 September 1979 dan membunuhnya.

Kemudian beberapa kabilah di Afghanistan menyampaikan permintaannya kepada Hafizhullah Amin agar dia mengumumkan daftar nama-nama orang yang telah menjadi korban pembantaian orang-orang komunis. Namun dia hanya mencantumkan 12.000 nama. Di dalam daftar nama-nama itu tertulis nama sayyaf di urutan ke-36 dan Taraki berjanji akan menghentikan pembantaian umat islam berdasarkan pengalaman dari pemerintahan sebelumnya.  Mereka mengira nama urutan ke-36 itu adalah Abdurrabbi rasul Sayyaf yang menjadi korban pembantaian di penjara Paul Garkhy. Padahal Allah swt telah menyelamatkan beliau dengan kekuasaan-Nya. Beliau selamat karena saat itu beliau dikarantina dari saudara-saudaranya yang berada di penjara lain, sebab beliau menjadi orang yang berpengaruh bagi napi yang lain dan karena beliau juga mengajarkan islam kepada mereka. Saat itu adalah pada malam dilakukannya eksekusi terhadap 117 pemuda harokah islamiyah terjadi bentrok fisik antara regu tembak dan para pemuda yang akan dieksekusi dari harokah islamiyyah. Akhirnya korban dari pihak pemuda islampun tidak dapat dihindari dan pihak tentara pun banyak yang terluka. Korban luka kemudian dilarikan ke rumah sakit. Dan pada saat pengawas regu tembak tiba di tempat kejadian, sudah terlihat banyak mayat tergeletak. Pada saat itulah Sayyaf yang telah dipindahkan ke penjara lain dan selamat, meskipun menurut catatan Negara beliau telah dianggap mati.

  1. Di masa pemerintahan Amin perang terus terjadi. Dia hanya memerintah selama 3 bulan saja. Kemudian Rusia mempersiapkan kekuatan besar dan masuk ke Afghanistan. Amin mengetahui rencana Rusia yang ingin menghancurkan dan menguasai Afghanistan dengan cara mengerahkan kekuatan tentara merahnya. Satu pekan sebelum mereka masuk ke Afghanistan terlebih dahulu mereka menuju ke Pakistan dan bertemu dengan presiden Pakistan. Amin melihat calon penggantinya telah dipersiapkan untuk duduk di kursi kekuasaannya, namun dia dia terlambat, armada perang Rusia lebih dahulu menembus bumi Afghanistan. Dalam waktu setengah hari tentara Rusia dapat menguasai kekuasaan Amin dan Amin dibunuh. Selanjutnya Rusia mengangkat boneka barunya bernama Babrak Karmal. Dia datang dari Rusia dua hari pasca operasi militer Rusia menggunakan helicopter GUN SHIP dan surat pengangkatan presiden disiarkan melalui stasiun radio-radio di Moskow, Siykando dan Kabul. Karmal adalah pemimpin partai Komunis bernama Bersyim, dia menjabat pimpinan partai ketika Taraki dan Amin bergabung di dalam partai Khalak.
  2. Rusia masuk Afghanistan pada tanggal 27 Desember 1979. Rusia menjelaskan alasan dia masuk ke bumi ini, yaitu berdasarkan permintaan resmi untuk mencegah campur tangan negara Pakistan dan Iran di bumi Afghanistan. Di masa pemerintahan Karmal, orang-orang komunis dari tubuh partai Bersyim yang dipenjara oleh Amin banyak yang dibebaskan. Dan selain mereka pula banyak para napi yang melarikan diri dari penjara, termasuk di antaranya adalah Abdurrabbi rasul Sayyaf yang sebelumnya dianggap telah mati.

Peristiwa selamatnya Sayyaf adalah salah satu kekuasaan Allah swt. Dia menghendaki beliau memimpin jihad dan mengantarkan Afghanistan kepada pintu kedaulatan. Dengan demikian musuh akan berfikir seribu kali.

Kemudian Karmal menghargai kepala Sayyaf dengan 15 juta ribel Afghanistan bagi siapa saja yang dapat menangkap sayyaf hidup atau mati. Maka Maha Benar Allah swt. Yang telah berfirman,

????? ????? ???????? ??? ??????? ?????? ???????? ????? ???????? ??????????

Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya.” QS. Ali Imran: 145

Dan rasulullah saw. Bersabda,

????????? ????? ????? ?????????? ???? ???????????? ????? ???? ??????????? ???????? ???? ???????????? ?????? ???????? ???? ???????? ????? ???????? ???????? ???????????? ????????? ?????????

“Ketahuilah bahwasannya jika seluruh manusia bersatu untuk menimpakan sesuatu madharat kepadamu, sekali-kali mereka tidak akan dapat menimpakan madharat itu kecuali sesuatu yang telah ditetapkan Allah swt. kepadamu. Pena telah diangkat dan lembaran telah kering.”

Kemudian Rusia mengetahui bahwa ternyata Sayyaf masih hidup. Maka Rusia membombardir rumahnya dengan menggunakan 12 tenk, namun dengan izin Allah swt. Syekh Sayyaf lebih dahulu meninggalkan rumahnya.

Jihad Afghan telah meraih banyak kemenangan, hingga timbul keyakinan dalam hati tentara Rusia, orang-orang Afghanistan tidak bisa mati. Sedang orang-orang Afghanistan yakin bahwa senjata-senjata Rusia tidak membahayakan mereka dan tidak dapat menghancurkan mereka.

Saya mendengar dari mulut para mujahidin kisah tentang karomah dan berita-berita gembira yang mirip dengan cerita dongeng, dan mungkin manusia akan mengira itu hanyalah cerita bohong dan mimpi, tidak mungkin cerita demikian nyata. Akan tetapi itu adalah kenyataan yang dapat kamu lihat langsung setiap hari, dan peristiwa itu dapat disaksikan oleh orang-orang yang melihat dan orang-orang yang hidup bersama jihad. Mereka adalah orang-orang yang mencatat sejarah islam dengan tetesan darah dan membangun istana dengan tenkkorak-tenkkorak manusia.

  1. Saya menyaksikan sendiri bahwa tentara Rusia tidak mungkin dapat bertahan di bumi Afghanistan. Setelah mereka mengerahkan segala kekuatan yang bernilai besar dan mahal –bukan hanya plajurit biasa, bahkan para plajurit pilahan mereka terjunkan– juga didukung dengan pesawat-pesawat tempur, tenk-tenk dan perlengkapan perang lain, ternyata untuk bertahan dengan itu semua di bumi Afghanistan hanyalah mimipi belaka. Sampai-sampai para pengamat dan politikus tidak percaya dan mereka mengira tidak mungkin mujaihidin akan memenangkan pertempuran ini, kalau bukan karena mereka melihat kenyataan sebenarnya yang terjadi di Afghanistan. Sebagaimana komentar seorang wartawan dari Kanada, bernama chaustez: “Sesungguhnya peristiwa itu adalah kenyataan, akan tetapi saya tidak bisa menjelaskannya. Namun bahwa kerugian yang dialami oleh Rusia setiap hari adalah 40-60 juta dolar.”
  2. Sebenarnya tentara Rusia sudah bosan berada di Afghanistan. Kemudian (untuk menutupi rasa malunya) Rusia bekerja sama dengan Amerika. Dia meminta agar Amerika dapat mencarikan pengganti setelah tentara Rusia ditarik mundur dari Afghanistan. Amerika merasa senang dan selanjutnya dia mengajukan permintaan agar Raja Mohammad Zhahir Syah kembali ke Afghanistan, sebab Rusia meminta agar penggantinya bukan islam. Rusia minta agar menyingkirkan Sayyaf dan Hekmatyar dan Rusia tidak keberatan apabila penggantinya adalah islam ala Amerika, maka sangat cocok jiga amerika mengajukan Muhammad Zhahir Syah sebagai penggantinya.
  3. Kemudian Amerika mengutus beberapa anak asuhnya untuk berunding dengan Raja Mohammad Zhahir Syah yang tinggal di Italia. Mohammad Zhahir Syah bersama Shibghatullah Mujaddidi berunding dalam jumpa pers di hadapan media. Dia berkata: Sesungguhnya mujahidin memanggilku untuk berkuasa di Afghanistan. Maka Syekh Sayyaf –selaku pemimpin organisasai persatuan islam untuk jihad Afghanistan– menjawab: “Kami akan menyambut Raja di bandara untuk kami penggal kepalanya.”
  4. Amerika tidak putus asa, dia minta bantuan kepada Anwar Sadat –sebelum dia mati pada Bulan Oktober atau Nofember 1980– agar dia bersedia Amerika membeli jihad Afghan melalui rekeningnya. Lalu Amerika menyusupkan anak-anak asuhnya untuk bergabung di belakang para komandan jihad Afghan, mereka adalah Mujaddidi, Sayyid Ahmad, Jailani, Mohammad Nabi Mahmud, Yunus Khalis dan Rabbani. Anwar Sadat memberikan janji kepada mereka dengan jabatan kekusaan, dan akan diberi peralatan perang serta dana untuk mereka, namun dengan syarat mereka harus menyingkirkan Sayyaf dan Hekmatyar dari jalan jihad. Maka mereka mulai bekerja dengan menyiarkan tuduhan-tuduhan keji kepada Sayyaf dengan kalimat: Sayyaf adalah penghianat, dia telah bertindak sewenang-wenang dan aniaya. Tuduhan-tuduhan itu dilontarkan oleh 4 orang, yaitu, Jailani, Khalis, Mujaddidi dan Muhammad Nabi. Tuduhan-tuduhan itu disiarkan melalui media Amerika dan Moscow. Tujuannya adalah untuk mencabik-cabik persatuan organisasi al ittihad al islami. Perpecahan pun terjadi di tubuh organisasi yang dipimpin oleh Sayyaf, sampai terjadi pertumpahan darah di antara sebagian mujahidin. Padahal sebagaimana diketahui bahwa Yunus Khalish adalah seorang imam masjid Baron di Pesawar.

Kemudian Hekmatyar menyanggah semua tuduhan yang dilontarkan oleh Khalis dan rekan-rekannya tentang keburukan jihad Afghan. Hekmatyar berapologi bahwa teman-temannya yang ada di dalam Negara Afghanistan, justru merekalah yang telah dibantai oleh penguasa Taraki.

  1. Mujahidin Afghan terus terjadi perselisihan hingga mereka kembali bersatu berkat usaha beberapa orang yang jujur yang datang dari negara-negara islam. Mereka dipimpin oleh Ust. Kamal as Sananiri. Beliau tinggal di Pesawar hingga beberapa lama. Aktivitas beliau adalah melakukan konsulidasi dengan para pimpinan jihad guna mendamaikan suasana yang carut marut dan merajut kembali benang kusut. Usaha beliau ternyata menuai fonis hukuman penjara di Mesir dan beliau wafat di sana pada akhir tahun 1981 M. Pada tahun itu pula Mujaddidi, Jailani dan Muhammad Nabi menjadi orang pertama mencoreng nama baik organisasi al ittihad melalui mass media.

Mula-mula organisasi al ittihad adalah gabungan dari organisasi: al Jam’iyyah al islamiyyah (Burhanuddin Rabbani), al Hizbu al Islami (Yunus Khalis), Jabhatu al Ingkilab al Islami (Muhammad Nabi Muhammadi), dan Jabhatu najatu Mali (Shibghatullah Mujaddidi). Sedangkan Jailani, dia belum bergabung setelah munculnya UUD konstitusi al Ittihad.

Sebenarnya, Jailani dan Mujaddidi adalah orang lemah, kemudian Hekmatyar masuk ke dalam oraganisasi al ittihad bersama kekuatan besarnya, karena dia adalah kelompok yang paling kuat dan besar berdasarkan personal yang mengelilingi komandan tinggi Hekmatyar. Dan di samping itu organisasinya memiliki komitmen islam yang kuat, aqidah yang jelas serta tujuan yang jelas pula. Tidak ada campur aduk dan kerancuan, tujuannya adalah untuk menjadikan kalimat Allah swt. itu tinggi. Dengan masuknya Hekmatyar ke dalam tubuh organisasi al Ittihad Mujaddidi pergi ke Amerika dan menyatakan melepaskan diri dari oraganisasi al ittihad melalui via telepon. Rekannya Muhammad Nabi, dia  pergi ke Eropa (Jerman), sebab di sana adalah tempat berkumpulnya para  pengikut raja Muhammad Zhair Syah. Demikian juga dengan Jailani menyatakan mengundurkan diri dari organisasi al ittihad. Padahal mereka bertiga adalah orang yang telah disumpah dengan al Qur’an di masjid al Asyrafiyyah di Pesawar, menyatakan “Mereka akan menjaga persatuan al ittihad.”

Sedangkan Muhammad Miir (salah satu ulama besar Afghan) mengundurkan diri dari organisasi Jabhah yang dipimpin oleh Mujaddidi dan bergabung bersama Sayyaf. Nashrullah Manshur, Rafi’ullah Muadzin (keduanya adalah ulama Afghanistan yang terkenal) mereka juga bergabung bersama Sayyaf. Sehingga ada tujuh organisasi yang bergabung bersama organisasi al ittihad yang dipimpin oleh Sayyaf.

  1. Al ittihad al Islami li tahriri Afgahistan (Persatuan Islam untuk Kemerdekaan Afghanistan) dipimpin oleh Syekh Sayyaf.
  2. Al Hizbu al Islami (Partai Islam) dipimpin oleh Hekmatyar
  3. Al Jam’iyyah al Islamiyyah (Organisasi Islam) dipimpin oleh Burhanuddin Rabbani
  4. Al Hizbu al Islami (Partai Islam) dipimpin oleh Yunus Khalis
  5. Jabhatu al Inqilab al Islami (Partai Revolusi Islam) dipimpin oleh Nashrullah Manshur
  6. Jabhatu al Inqilab al Islami (Partai Revolusi Islam) dipimpin oleh Rafi’ullah Muadzdzin
  7. Jabhatu Najatu Mali atau disebut dengan Partai Pembebasan Negeri, dipimpin oleh Muhammad Meir yang melepaskan diri dari Mujaddidi

22. Organisasi al Ittihad dipimpin oleh Syekh Sayyaf dan dibantu oleh wakilnya Hekmatyar. Organisasi ini membuat pergolakan politik barat menjadi goncang dan gentar. Oraganisasi ini adalah orang-orang yang tidak terpengaruh oleh maknet Amerika seperti jarum yang akan bergerak mendekati sebuah maknet. Maknet Amerika tidak mampu berbuat apa-apa, dan mereka tidak dapat menimpakan bahaya dan tidak pula manfaat. Kemudian barat mencoba langkah pertama dengan menggandakan organisasi ini dengan nama yang sama. Organisasi buatan ini dipimpin oleh tiga orang yang telah mengundurkan diri dari organisasi al ittihad pimpinan Syekh Sayyaf, yaitu Jailani, Mujaddidi, dan Muhammad Nabi. Namun usaha ini dapat diketahui oleh umat islam Arab yang telah simpati kepada jihad Afghan dengan menyalurkan sebagian hartanya.

BERITA GEMBIRA DARI JIHAD AFGHANISTAN

Pada tanggal 19 Sya’ban 1403 H, bertepatan dengan 22 Mei 1983, Syekh Sayyaf terpilih sebagai pemimpin dan komandan umum jihad untuk masa dua tahun. Dia diberi wewenang sepenuhnya untuk mengambil kebijakan, memberi dan mengganti komandan. Ketujuh pemimpin organisasi yang telah bergabung menyatakan bahwa dirinya melapas kepemimpinan organisasi yang mereka pimpin dan bersumpah setia kepada Sayyaf.

Ini adalah kemenangan yang sangat besar sepanjang sejarah jihad Afghanistan, insya Allah. Saya berharap mudah-mudahan Allah swt. menolong para komandan jihad itu unutk menunaikan janji dan tidak mengingkarinya.

Konstitusi Persatuan

Pasal pertama

Nama organisasi: Persatuan Islam Mujahidin Afghanistan

Pasal Kedua

Tujuan organisasi:

  1. Untuk meninggikan kalimatullah dan membebaskan Afghanistan dari hegomoni kekuatan kafir dan komunis.
  2. Menegakkan hukum islam di bumi Afghanistan
  3. Memberantas segala fitnah dan segala tindak kerusakan
  4. Melarang semua pergaulan dan budaya yang tidak islami.

Pasal ketiga

Landasan Hukum:

Allah swt. berfirman,

???? ????????? ?????? ????

Keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah.” QS. Yusuf: 40

Yaitu, pemutus perkara di dalam seluruh persoalan adalah hak mutlak Allah swt. dan sekarang, jihad akan terus ada dan pertolongan akan selalu ada.

Tentara Rusia sekarang berangan-angan dapat keluar dari kondisi yang dilematis, yang telah menjadi paku besar di dalam keranda mayat kerajaan Rusia. Sebagaimana yang pernah diucapkan oleh Syalizi, seorang produser perfilman di Pesawar, “sesungguhnya Afghanistan akan menjadi langkah pertama bagi kehancuran Rusia. Tidak lama lagi. Hal mana Afghanistan akan menjadi titik pertama dalam grafik kehancuran Imperalis Inggris dan merupakan abad kehancuran. Afghnaistan telah menjadi padang pasir yang menghancurkan keangkuhan iskandar al Makduni.”

Pasukan Rusia saat ini telah sampai di batas kehancuran dan kegoncangan disebabkan tidak memiliki lagi pasukan, dan seluruh jerih payah yang telah dikerahkan untuk melawan jihad dan mujahidin hanya menyisakan carita yang menyedihkan.

Safik Soslez, seorang wartawan Kanada yang terkenal, dia pernah berkata, “secara teknologi, pasukan Uni Soviet memiliki segalanya, akan tetapi tingkat kemampuan dalam strategi perang mereka nol.”

Abu Ubaidah pernah bercerita kepadaku, kami pernah masuk ke wilayah Orgun. Kami mampu melumpuhkan tiga kemp dan merampas satu kendaraan tenk. Padahal saat itu pasukan komunis memiliki 120 senapan mesin jenis P7 dan 60 senjata mesin anti tenk. Kami menangkap pasukan komunis yang berada di parit-parit dalam kondisi mereka sedang menangis ketakutan, padahal di samping mereka terdapat senapan yang berisi peluru.

Dan yang terjadi saat ini adalah ketamakan yang lebih buas dari srigala yang sedang mengincar Afghanistan setelah mundurnya pasukan Rusia. Dan sebagian mereka masuk ke dalam perangkap, mereka telah atau hampir menjadi pemerintahan boneka dan seandainya Allah berkehendak pasti akan memperlihatkan kepada mereka kamu mendapatkan kemenangan. Mereka menyia-nyiakan negeri mereka sendiri dan menyia-nyiakan buah dari jihad. Mereka adalah tangga pertama yang diinjak oleh orang-orang Amerika untuk dapat mencapai tujuannya.

Kami adalah manusia biasa. Dan Allah-lah yang Maha Mengetahui apa yang tersembunyi dan apa yang tampak. Di tangan-Nya-lah takdir ini akan berlaku sesuai dengan apa yang Dia kehendaki. Kami hanyalah manusia yang menaruh harapan yang besar kepada Allah swt. kemudian berharap akan kemenangan jihad yang jujur, kami berdoa kepada Alalh swt. semoga Dia menolong agama-Nya, meninggikan syariat-Nya dan memuliakan bala tentara-Nya.

Sebentar lagi perang ini akan usai. Wallahu a’lam. Namun para srigla itu telah mengincar untuk merampas hasil rampasan. Berapa banyak mata yang sedang mengintai pengorbanan yang telah berada di ambang pintu keberhasilan. Kami berharap kepada Allah swt. agar menjadikan buah jihad ini menjadi milik para penanam pohonnya dan mengharamkan bagi para pencuri dan penjahat. Sesungguhnya jihad sangat membutuhkan harta seluruh kaum muslimin yang ada di bumi ini. Hendaklah umat islam ini bangkit dari tidurnya sebelum usia ini habis. Allah swt. berfirman,

??????????? ????????? ?????? ????????????????? ????????? ??????? ????? ?????? ??????????????

Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami.Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” QS. Al Ankabut: 69

Saat ini kita telah memasuki tahun 1984 M:

  1. Jumlah mujahidin bersenjata telah mencapai 350-400 ribu.
  2. Jumlah tentara Rusia adalah + 250 rbu.
  3. Jumlah rakyat sipil dan mujahidin di Afghanistan semua berjumlah + 100 ribu. Dan 60 ribu dari mereka berada di dalam penjara Bolirokhi di Kabul.
  4. Jumlah mehajirin semakin bertambah setiap harinya. Hal itu dikarenakan pasukan Rusia terus membombardir bumi ini. Jumlah muhajirin di Pakistan ada tiga juta jiwa dan di Iran mencapai jutaan jiwa. Kondisi mereka saat ini sangat miskin dan menderita.
  5. Di sana telah banyak propaganda busuk yang tejadi melalui Forum Deplomasi Barat dan Perdamaian dengan alasan demi kepentingan islam. Namun  tujuannya untuk memecah-belah persatuan dengan cara saling mempengaruhi para pemimpin yang tergabung di dalam konstitusi persatuan tersebut. Akan tetapi semua itu gagal, segala puji bagi Allah swt.

Pemimpin Zhahir Syah beserta para mentrinya pergi ke Jerman pada akhir perang Afghanistan. Dia telah mengutus menantunya, Hamayun, ke Pesawar dan dia sempat tinggal di sana beberapa lama untuk menyusun tentang UUD untuk negara Afghanistan baru.

  1. Kerugian pasukan Rusia pada bulan Juni, Juli dan agustus tahun 1984 ternyata lebih besar daripada kerugian yang diderita pada saat peristiwa lima tahun pertama sejak masuknya tentara Rusia ke bumi Afghanistan. Media Barat yang berada di Eropa menyatakan dengan jelas bahwa 7 organisasi (yang tergabung dalam kostitusi persatuan) telah setuju untuk mengangkat seorang pemipin, akan tetapi ada perselisihan di salah satu pemipin (Syekh Sayyaf dan Hikmatiar). Dan pihak barat beserta antek-anteknya sangat ingin meniupkan ruh fanatisme.
  2. Beberapa hal yang kurang baik juga terjadi di Pesawar, seperti ratapan terhadap mayat yang gugur di Afghanistan. Padahal kami telah melihat sekian banyak kemenangan yang datang silih berganti dan kami pun melihat keeratan hati para mujahidin ketika saat-saat di dalam medan pertempuran, seperti pertempuran di Baktia dan Baktika. Para mujahidin terlihat bersatu dalam satu barisan.

Abu Sayyid dan Abu Hafsh (mereka adalah pemuda Arab) pernah menceritakan kepadaku ketika di dalam medan pertempuran: pada saat kami berada di bawah komando Faidh Muhammad di Baktia, kami berjumlah 2500 mujahid, seluruhnya adalah orang selalu shalat berjamaah dan semuanya adalah orang-orang yang tidak pernah mendengarkan musik.

  1. Sesungguhnya sikap Dhiya’ul Haq terhadap jihad hingga saat ini adalah baik dan dia memberikan dukungannya. Kita tidak tahu bagaimana kelak di masa yang akan datang.
  2. Amerika menginginkan perang ini terus berlanjut, akan tetapi mereka tidak ingin jihad ini meraih kemenangan sekarang dan berusaha mencerai gantinya, karena pemimpin sekarang bukan orang yang mudah tunduk dan tidak mau di ajak bekerja sama bersama mereka. Sampai-sampai seandainya jika harus bertekuk kaki memujinya sekalipun mereka akan melakukannya agar perselisihan antar kaummuslimin ini tetap berlangsung seandainya mampu. Allah swt. berfirman,

???? ????? ????????? ??????? ????

Katakanlah:”Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah.” QS. Ali Imran: 154

Serahkanlah segala urusan kepada-Nya, karena manusia tidak memiliki kemampuan untuk memberikan manfaat dan bahaya sedikitpun.

  1. Meskipun kondisi yang sempit dan sulit menghadang para mujahid, namun mereka tetap berada di dalam satu cita-cita yang paling tinggi sampai anak-anak akan berkata kepada pesawat-pesawat yang melintas, “lakukanlah apa yang kalian kehendaki, kami tidak akan pernah membiarkan sejengkal kakipun menjadi milik kalian.”

Dan dari kaum wanitapun ada yang ikut serta di dalam jihad ini, seperti Fathimah Nur Bebe, anggota keluarganya yang laki-laki semua dibantai di dalam rumahnya oleh tentara Rusia, dan dia telah membunuh tentara Rusia sebanyak jumlah anggota keluarganya yang terbunuh.

HUKUM JIHAD DI AFGHANISTAN DAN PALESTINA

Bahwasannya perang melawan orang-orang kafir dengan senjata memiliki perbedaan hukum sesuai dengan masing-masing kondisi kaum muslimin.

  1. Fardhu kifayah

Apabila orang-orang kafir yang berada di negeri mereka tidak memerangi kaum muslimin, maka jihad (perang) hukumnya fardhu kifayah. Namun tindakan yang paling rendah yang harus dilakukan adalah menempatkan tentara islam di perbatasan untuk menimbulkan rasa takut di hati musuh-musuh Allah swt. dan mengirimkan pasukan perangnya sekali dalam satu tahun. Maka selaku pemimpin tertinggi hendaknya mengirimkan pasukan ke medan pertampuran sekali atau dua kali dalam setiap tahunnya. Dan kepada seluruh pasukan hendaknya ikut serta membantu pimpinannya. Apabila seorang pemimpin tidak mengirimkan pasukannya maka dia berdosa. (Hasyiyah Ibnu Abidin:3/238)

Makna fardhu kifayah

Yaitu apabila belum ada jumlah yang mencukupi untuk melaksanakan kewajiban, maka seluruhnya berdosa. Dan apabila telah ada sebagian mereka yang cukup melaksanakan kewajiban, maka kewajiban tersebut telah gugur dari sebagian yang lain. Kontek pembicaraan yang pertama mencakup seluruhnya –seperti fardhu ‘ain–, kemudian ada perbedaan. Fardhu kifayah dapat gugur jika telah ada sebagian saja yang melaksanakannya, dan fardhu ‘ain tidak dapat gugur dengan tindakan orang lain. (Al Mughni, Ibnu Qudamah:8/345)

  1. Fardhu ‘ain

Jihad menjadi fardhu ‘ain bagi seluruh muslim ketika dalam kondisi sebagai berikut:

  1. Apabila orang-orang kafir masuk ke dalam negeri kaum muslimin dan menyerang mereka.
  2. Apabila seorang imam menunjuk seseorang untuk pergi berperang, maka ketika itu perang menjadi wajib bagi orang yang ditunjuk oleh imam. Ini disebut mobilisasi khusus, sedangkan jika perintah itu kepada seluruh kaum muslimin maka disebut mobilisasi umum. Pada saat itu jihad hukumnya wajib bagi seluruh umat. Disebutkan di dalam riwayat al Bukhari dari Ibnu Abbas ra. bahwasannya nabi saw. Bersabda ketika peristiwa penaklukan kota makkah,

??? ???????? ?????? ????????? ???????? ??????? ????????? ??????? ??????????????? ????????????

“Tidak ada jihad setelah fathu makkah, akan tetapi yang ada adalah jihad dan niat. Dan apabila seorang pemimpin menunjuk kalian untuk berangkat berperang, maka berangkatlah.” (I’lanu as Sunan:8-12 dari Imam al Bukhari:1/216)

Hadits ini menunjukkan wajib berangkat ketika ada perintah untuk berangkat berperang.

  1. Apabila dua pasukan telah berhadapan atau telah terjadi pertempuran. (Nihayatu al Muhtaj ila syarhi al minhaj, ar Ramli:8/57, al inshaf, al Mardaweh:4/117)
  2. Apabila orang-orang kafir menawan seorang muslim atau muslimah. (Fathul Qodir. Al Hidayah, Ibnu Hammam: 5/191, Nihayatu al muhtaj: 8/108, al Bahru ar Raiq: 5/72)

Hukum Jihad di Afghanistan Hari ini

Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan yang lalu bahwa orang-orang kafir apabila mereka telah masuk ke dalam negeri kaum muslimin untuk menyerang, mungkin di pemukimannya atau di gunung, maka berperang melawan mereka adalah wajib ‘ain bagi seluruh penduduk wilayah setempat. Sehingga seorang wanita boleh keluar tanpa harus minta izin kepada suaminya, anak kecil tidak perlu minta izin kepada walinya. Orang yang berhutang tidak perlu minta izin kepada orang yang memberi hutang kepadanya. Seorang budak tidak perlu minta izin kepada majikannya. Para ulama empat madzhab telah sepakat dengan pandapat ini. (lihat Hasyiyatu ibnu ‘Abidin: 3/240 dan Nihayatu al Muhtaj:8/58)

Demikian pula jihad menjadi fardhu ‘ain bagi negeri yang terdekat, walaupun seorang muslim tidak mendapatkan kendaraan sebagai tunggangannya. Sebagian besar para ahli fiqih telah menjelaskan dalilnya baik ulama Hanafiyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah. Ini berdasarkan kewajiban berjihad dengan jiwa.

Disebutkan di dalam Fathul Qodir, Ibnu Hammam:5/191, apabila mereka menyerang negeri kaum muslimin maka jihad menjadi fardhu ain begi seluruh penduduk negeri setempat dan wajib berangkat berjihad. Demikian pula yang berada di wilayah terdekat. Apabila jumlah mereka belum mencukupi maka kewajiban itu meluas kepada penduduk wilayah yang terdekat. Apabila wilayah yang terdekat belum mencukupi atau mereka malas atau enggan untuk berjihad, maka selanjutnya kewajiban itu ada di atas seluruh kaum muslimin di belahan bumi bagian timur dan barat.

Disebutkan di dalam “al Bahru ar raiq” Ibnu Najm (5/72), beliau berkata: fardhu ain adalah apabila musuh menyerang, maka seorang wanita dan budak boleh keluar tanpa harus minta izin kepada suami dan majikannya.

Di dalam Nuhatu al Muhtaj, ar Ramli mengatakan: Apabila mereka masuk ke nergeri kita atau telah terjadi pertempuran antara kita dan mereka, maka siapa saja yang berada di tampat wajib melakukan perlawanan sampai orang yang tidak wajib berjihad sekalipun, seperti, orang fakir, anak-anak, budak dan wanita.

Di dalam al Inshaf (4/117) al Mardaweh berkata: apabila orang-orang kafir menyerang negeri kaum muslimin, maka penduduk setempat wajib untuk berangkat melawan mereka.

Di dalam Hasyiyah ibnu Abidin (3/240) beliau berkata, fardhu ain adalah apabila musuh menyerbu ke perbatasan umat islam, maka jihad hukumnya fardhu ain atas orang-orang yang berada di sekitar perbatasan. Adapun warga yang jauh dari perbatasan hukumnya fardhu kifayah, baik mereka dibutuhkan atau tidak dibutuhkan. Dan apabila warga di perbatasan tidak mampu melakukan perlawanan kepada musuh atau mereka mampu tetapi enggan dan tidak mau berjihad, maka hukum itu beralih kepada kelompok di wilayah yang terdekat, hukumnya sama seperti hukum shalat dan shaum. Tidak ada alasan untuk meninggalkannya sampai kewajiban itu dibebankan kepada seluruh kaum muslimin baik di timur dan barat. Dan demikian seterusnya dalam tahapan orang-orang yang mendapat beban fardhu ain.

Menurut fatwa para ahli fikih islam, apabila musuh menyerbu negeri islam maka jihad menjadi fardhu ain atas penduduk negeri yang diserang dan negeri yang terdekat. Kemudian meluas ke negeri-negeri yang lebih dekat di sekelilingnya sampai fardhu ain ini menjadi beban seluruh umat islam di muka bumi.

Hukum Jihad Ketika ada Seorang Muslim Diatawan Oleh Musuh

Para ulama sepakat bahwa apabila seorang muslim ditawan oleh musuh, maka seluruh kaum muslimin wajib menolongnya.

Disebutkan di dalam fathul Qodir (5/191), membebaskan tawanan adalah kewajiban yang dibebankan kepada penduduk bumi bagian timur dan barat yang telah mengetahui. Demikian pula disebutkan di dalam buku al Bahru ar Raiq:5/72.

Di dalam Bazaziyah disebutkan, apabila ada seorang wanita yang ditawan musuh di wilayah bagian timur, maka penduduk bagian barat wajib membebaskan tawanan itu.

Di dalam Nihayatu al Muhtaj:8/58 menyebutkan, seandainya orang-orang kafir menawan seorang muslim saja, maka wajib umat islam bangkit untuk membebaskannya, meskipun tidak menutup kemungkinan, seperti orang yang dicari itu masuk ke rumah kita. Bahkan kehormatan seorang muslim lebih berharga dari segalanya.

Ringkasan Hukum Jihad Di Afghanistan

  1. Fardhu ‘ain dengan jiwa dan harta: yaitu kepada seluruh penduduk negeri Afghanistan dan siapa saja yang berada dekat dengan negeri tersebut.
  2. Fardhu ain secara materi: yaitu dengan memberikan senjata, logistic, harta dan memberi kemudahan kepada kaum muslimin di seluruh penjuru untuk masuk ke Afghanistan.
  3. Fardhu ‘ain dengan jiwa: yaitu kepada kaum muslimin yang memiliki kemampuan yang berguna bagi kepentingan jihad, seperti, da’i, ulama, insinyur, tenaga medis, tentara, penceramah, wartawan dan fotografer.
  4. Dan selain mereka, maka jihad ini hukumnya fardhu ain di negeri mereka masing-masing untuk menegakkan syariat Allah swt. dan mengusir orang-orang kafir. Barang siapa yang tidak mampu menegakkan jihad di negerinya dan dia mendapatkan kesempatan untuk datang ke Afghanistan, maka fardhu ain tetap ada pada mereka. Jika tidak memiliki kesempatan dan kemampuan maka Allah swt. tidak membebankan sesuatu di luar kemampuannya. Ketentuan ini berlaku bagi jihad di Palestina dan negeri-negeri kaum muslimin yang lain yang sekarang syareat dan bumi Allah swt. sedang dirampas, seperti, Libanon, Kasymir, Arteria dan Filipina.

Disebutkan di dalam hadits dari Ibnu Abbas, bahwasannya nabi saw. bersabda ketika hari fathu makkah,

??? ???????? ?????? ????????? ???????? ??????? ????????? ??????? ??????????????? ????????????

“Tidak ada hijrah setelah al Fath, akan tetapi yang tersisa adalah jihad dan niat. Apabila kalian diperintahkan untuk berangkat perang maka berangkatlah.” (HR. al Bukhari: 7/118, lihat di dalam I’lau as sunan: 12/9) maksudnya, keutamaan hijrah dan pahalanya telah terputus setelah fathu makkah pada tahun 8 H, sebab seluruh negeri telah menjadi Negara islam dan Negara yang aman. “akan tetapi yang tersisa adalah jihad dan niat” kalimat ini adalah sebagai dalil bahwa jihad fardhu ain pada saat dikumandangkan jihad.

AGAR KITA TIDAK GIGIT JARI DAN MENYESAL

Sekarang adalah tahun ke-8 sejak bangsa Afghanistan berani melawan pemerintahan Dawud Karzai yang komunis di bumi Afghanistan sejak munculnya para generasi muda pertama yang mempelopori jihad. Dan selama masa tersebut bangsa Afghanistan telah mengorbankan putra-putra Afghanistan di atas jalan aqidah dan agamanya demi melancarkan jalan orang-orang yang menempuh jejak agama ini dan untuk mempersiapkan bekal di masa yang akan datang.

Bangsa mukmin yang sederhana ini telah mempersembahkan kepada kita selama masa panjang itu dengan cucuran darah dan nyawa putra-putra mereka yang jumlahnya tidak sedikit.

  1. Dunia dan seisinya telah membuktikan bahwa kekuatan aqidah tidak dapat dijajah dan kesadaran ini tidak dapat dipatahkan.
  2. Sesungguhnya bumi ini telah mampu menggoncang musuh dari bawah kaki-kaki tentara Rusia, sehingga orang-orang Rusia merasa dirinya tengah tersesat di hadapan bangsa miskin. Sampai muncul satu perintah kepada tentara Rusia agar menulis surat kepada komandan di Negara Rusia bahwa orang-orang Afghanistan tidak mempan oleh peluru, maka sia-sia saja operasi kita di bumi Afghanistan.
  3. Fenomena ini telah mengangkat mentalitas bangsa Afghanistan. Mereka menganggap bahwa senjata tentara Rusia tidak dapat memberikan bahaya dan tidak pula mampu menghancurkan mereka.
  4. Mereka telah memasukkan islam ke dalam kancah perseteruan nasional. Dan duniapun menjadi berfikir seribu kali menghadapinya. Sehingga tampak di layar TV siaran Amerika pernyataan tegas dari para pengamat yang meramalkan bahwa islam akan menang. Dia akan masuk ke Rusia dan menumbangkan Negara Rusia, kemudian masuk ke benua Eropa. Setelah itu Amerika dan Rusia akan bersekutu untuk menghancurkan Islam bersama-sama.
  5. Sekarang telah datang kesempatan emas untuk menegakkan Negara Islam di Afghanistan, setelah mujahidin yang berjumlah jutaan mujahid meraih kemenangan. Tujuan mereka adalah satu, agar kalimat Allah swt. tinggi dan hukum Allah swt. tegak di muka bumi.

Saya pernah bertanya mengenai tujuan mereka berjihad kepada bangsa Afghan mulai dari usia anak-anak hingga orang tua yang hanya bisa berbaring di atas kasurnya di rumah sakit, usia mereka antara 11,12 sampai 104 tahun. Jawaban mereka satu dan tegas seperti tujuan di atas. Akan tetapi saya berulang kali mengatakan, ini adalah kesempatan emas yang datang di bumi ini, semua untuk menegakkan hukum Allah swt. di muka bumi.

Orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang jihad di dunia ini akan mengetahui dengan baik akan sulitnya menyatukan umat manusia untuk berperang. Selain itu, mereka kesulitan mendapatkan metode bagaimana mentarbiyah manusia secara teori agar mencintai jihad dan mati syahid. Sampai apabila peperangan telah berkecamuk dan mengancam nyawa, manusia berpaling meninggalkan mereka dan tidak didapatkan orang-orang yang bertahan melainkan hanya sedikit, sedikit! Mereka adalah orang-orang yang telah dididik sejak usia muda dengan nilai-nilai yang tinggi. Maka persoalan jumlah pasukan di dalam pertempuran adalah perkara yang sangat sulit. Sampai-sampai Allah swt. berfirman tentang manusia-manusia pilihan setelah para rasul shalawatullah wa salamun ‘alaihim.

?????? ????????? ????????? ????? ?????? ??????? ???????????? ??????????? ?????????? ????????? ?????????? ???????? ?????? ?????????? ?????????? ????? ???????? ????????? ?????????? ???????? ?????????? ????? ???? ??????? ???????? ????????? ???????? ???? ???????? ????????? ?????????? ??????? ???????????? ????? ?????? ???????

Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka: “Tahanlah tanganmu (dari berperang), dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat!” Setelah diwajibkan kepada mereka berperang, tiba-tiba sebagian dari mereka (golongan munafik) takut kepada manusia (musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih sangat dari takutnya. Mereka berkata:”Ya Rabb kami, mengapa engkau wajibkan berperang kepada kami Mengapa tidak engkau tangguhkan (kewajiban berperang) kepada kami beberapa waktu lagi,” QS. An Nisa: 77

Dan Allah swt. berfirman,

?????????????? ??? ???????? ?????? ???????????? ?????????? ?????????? ????? ????????? ?????? ??????????

Maka sesungguhnya Kami akan menanyai umat-umat yang telah diutus rasul-rasul kepada mereka dan sesungguhnya Kami akan menanyai (pula) rasul-rasul (Kami),” QS. Al Anfal: 6

Teori itu tidak selalu sama dengan kenyataan, omongan tidak sama dengan amal nyata. Sekarang, di dunia ini, di mana kamu bisa mendapatkan bangsa yang memiliki jiwa zuhud, jiwa plajurit, tidak cinta dunia namun cinta kepada kemuliaan seperti bangsa Afghanistan ? katakan kepada saya dengan menyebut nama Allah ! di mana kamu bisa mendapatkan jutaan pemuda yang selalu berkobar semangatnya mempersiapkan diri menyambut kematian…. Hatinya dipenuhi dengan kerinduan untuk berjihad seperti bangsa Afghanistan ? di manakah kamu bisa mendapati pasukan sukarela untuk berperang tanpa menerima satu ribel pun gaji perbulan ? mereka adalah orang-orang yang paling baik, yang mendapatkan sesuap makanan sebatas untuk mempertahankan hidup yang mereka terima dari komandannya, itupun apabila ada sesuatu yang dapat diberikan.

Di manakah kamu bisa mendapatkan batas negara yang terbentang seluas 3000 Km ? yang kedua perbatasannya terbuka bagi siapa saja yang ingin masuk dengan memanggul roket di pundaknya selain batas Negara Afghanistan ? di manakah kamu bisa mendapati milayah di dunia ini yang bebas melakukan jual beli senjata, amunisi, granat, senjata mesin anti tenk, bom ranjau dan peluru dengan segala senisnya, seperti jual beli sayur mayur dan terong di Negara kita, selain di Afghanistan ?

Orang-orang yang ingin memberikan solusi bagi mereka hendaklah terlebih dahulu bangun dari tidurnya sebelum masanya habis.

Sesungguhnya kesempatan itu akan datang selalu, insya Allah, dengan lebih besungguh-sungguh lagi. Sehingga musuh-musuh kita tidak merampas buah dari cucuran darah, sedang mereka, dengan seenaknya mengetam buah pengorbanan ini.

Ketika saya membaca kisah kezuhudan Umar bin Khaththab, sepertinya kisah itu tidak mungkin terjadi lagi hari ini, akan tetapi saya melihat rumah syekh Sayyaf dibangun dari tanah, berlantaikan tanah dan ruang tamunya pun hanya sebuah tenda kecil yang berada di luar rumah dan penghasilan beliau hanya 1,5 real perbulan.

Saya sempat bingung dan keheranan melihat pasukan islam pada masa pemerintahan Abu Bakar dan Umar bin Khaththab –yang tidak mendapatkan gaji dari pemerintahan–, dan kamu pun akan mendapatkan jutaan mujahid Afghanistan seperti mereka, tidak ada seorangpun yang menerima satu ribel pun dari komandannya.

Saya telah mendengar sekian banyak kisah tentang orang-orang terdahulu dalam mencurahkan kemampuan dan pengorbanan jiwa. Kamu pun akan mendapati bangsa Afghanistan adalah orang-orang yang rela menjual dombanya untuk membeli satu peluru (di awal mula meletusnya jihad Afghan harga untuk satu peluru 3 dolar) dan mereka harus menjual 600 ekor domba untuk membeli satu pucuk senjata organic, karena harga setiap satu pucuk senjata adalah 600 dolar kuwait yang dibeli di pasar hitam.

Saya merasa betapa kecil dan tercelanya jiwaku saat berhadapan dengan seorang sopir salah seorang komandannya dengan upah 600 ribel. Dari uang tersebut dia memenuhi biaya hidup, untuk biaya sewa rumah, makanan untuk keluarganya dan biaya kesehatannya. Semua berjumlah 15 real Kuwait. Ada pula seseorang yang memiliki dua kendaraan mobil pengangkut tentara, dia berikan secara cuma-cuma untuk membantu para mujahidin dan kepentingan jihad. Padahal dia membeli dua kendaraan itu dengan harga 2.300.000 ribel Afghanistan dan dia enggan untuk menjualnya.

Ada lagi, beberapa pemuda dari Negara petro dolar bercerita kepada saya bahwa di Pakistan roti adalah makanan untuk anjing. Dan anjing di Negara kami tidak mau makan roti dan tidak pula nasi, karena anjing-anjing di sana terbiasa makan daging. Kamu pasti terkejut, apabila kamu melihat tumpukan nasi dan daging yang ditimbun setiap sore pada hari kamis di padang pasir. Saya katakan kepada mereka: “Sesungguhnya penduduk bangsa Afghanistan tidak mendapatkan roti. Mereka di Afghanistan, kadang-kadang hanya mendapatkan air yang biasa menumbuhkan pepohonan. Mereka tidak mendapatkan buah-buahan di gunung. Sampai-sampai ada sebagian kelompok – jumlah mereka + 8000 mujahid–, selama dua bulan penuh mereka bertahan hidup dengan mengandalkan buah-buahan yang ada di gunung. Dan apabila buah itu habis mereka mencari tempat lain yang terdapat sumber makanan.

Kami ingin menjelaskan kepada kaum muslimin tentang keadaan yang sebenarnya terjadi. Allah swt. berfirman,

?????????? ???? ?????? ??? ????????? ???????? ???? ????? ??? ?????????

yaitu agar orang yang binasa itu binasanya dengan keterangan yang nyata dan agar orang yang hidup itu dengan keterangan yang nyata (pula).” QS. Al Anfal: 42

  1. Di medan Jihad ini tidak ada tenaga medis muslim kecuali hanya sekelompok orang Afghanistan yang berjumlah 10 orang. Padahal medan pertempuran yang ada di sana mencapai seribu medan tempur. Padahal saat itu bantuan peralatan medis secara berbondong-bondong datang dari Amerika, Prancis, Jerman, Inggris dan Swedia.
  2. Tidak didapati di medan jihad ini seorang wartawan muslim atau utusan dari media elektronik kaum muslimin, di saat kamu dapati banyak sekali wartawan dan media-media informasi dari orang-orang kafir.
  3. Tidak didapatkan seorangpun potografer muslim di medan tempur dan belum ada satupun film yang menayangkan operasi jihad Afghanistan, ya Allah, kecualikanlah seorang pemuda muslim dari Inggris dan dia terluka di saat mengambil gambar. Syekh Sayyaf berkata: ada seratus pertmpuran yang terjadi dalam sehari. Kadang-kadang kami teringat kepada peristiwa badar dan Uhud. Kami tidak mendapati satu pena yang jujur menuliskan peristiwa tersebut, apalagi seorang yang ikhlas yang mau menyimak tragedi itu.
  4. Sesungguhnya mayoritas mujahidin mengenakan sepatu dengan cara bergantian untuk terjun ke medan pertempuran. Sebagian mereka yang berangkat ke medan tmpur memakai sepatu dan sisanya yang tidak memakai sepatu tetap tinggal di kemp.
  5. Ada 4000 mujahid di kemp militer, mereka bermukim selama tiga bulan pada musin dingin tanpa seorangpun yang memakai selimut dan berteduh di dalam tenda. Sehingga kondisi itu memaksa Syekh Nashir ar Rasyid –ketua pengawas bulan sabit merah Saudiyah– membelikan seribu tenda beserta selimut untuk mereka dari uang sakunya sendiri –semoga Allah swt. memberikan beribu-ribu kebaikan– dan hampir setiap datang musim dingin ada kurang lebih 2500 mujahidin yang berada di kemp Abu Bakar ash Shiddiq yang tidur tanpa tenda dan penutup meskipun hanya satu selimut. Sehingga itupun memaksa syekh Nashir ar Rasyid kembali membelikan kebutuhan mereka dengan uang sakunya.
  6. Sesungguhnya banyak sekali para mujahidin yang jari-jari mereka putus dan kulit mereka terluka karena dinginnya salju. Sebab sepatu mereka tidak layak dan tipis sehingga para mujahidin tidak dapat melindungi diri dari dinginnya salju. Selain itu, harga satu sepatu sangat mahal mencapai 100 ribel Pakistan –itu harga minimal–, padahal jumlah mereka ada jutaan mujahidin, dengan demikian mereka butuh dana lebih dari seratus juta ribel untuk membeli sepatu saja. Ditambah lagi, satu sepatu tidak cukup digunakan kecuali hanya sekali pertempuran.
  7. Muhammad Shiddiq –dia adalah komandan mujahidin untuk wilayah Kabul–, beliau pernah bercerita kepada saya, dia pernah melihat seorang wanita, dengan terpaksa, meletakkan bayinya di atas salju, karena dia tidak mampu lagi menggendongnya dan tidak memiliki uang guna membayar kendaraan untuk membawa anaknya.
  8. Di medan pertempuran tidak ada plajurit selain orang Afghanistan kecuali hanya sedikit sekali. Dan kaum muslimin yang tetap bersama mereka di dalam pertempuran adalah orang-orang yang tidak memiliki jari-jari tangan, di saat kondisi orang-orang komunis, Jerman timur, Yaman Utara bersanding dengan cangkir-cangkir minuman. Maka saya serukan kepada kaum muslimin, bangkitlah mereka segera dari tidurnya sebelum masanya habis ! orang-orang Rusia sekarang ingin

Sekarang deplomasi barat telah menampakkan usaha-usaha maksimal untuk mendekati komandan mujahidin, sampai kedutaan-kedutaan Negara barat beserta konsulat-konsulat mereka yang mulai masuk ke pintu-pintu para pemimpin mujahidin di pesawar. Maka orang-orang yang jujur akan menolak diplomasi mereka dan hanya orang-orang jatuh dari jalan kebenaran yang akan menyambut mereka.

Sesungguhnya jihad hari ini sedang melalui masa-masa sangat menentukan. Tentara Rusia telah habis kecuali beberapa markas penjagaan yang kini hidup seperti tikus-tikus yang bersembuyi di dalam liangnya, sampai mereka tidak berani berpatroli dengan tenk-tenknya. Sedangkan untuk mensuplai makanan, obat-obatan dan perobatan mereka harus menggunakan pesawat helicopter.

Untuk menaklukan markas-markas ini membutuhkan senjata berat dan modal yang besar agar dapat menghancurkan kekuatannya serta membutuhkan persediaan harta yang melimpah.

Apakah kaum muslimin telah berfikir cerdas yang selalu peduli memperhatikan dengan menginfakkan harta yang telah Allah karuniakan kepadanya untuk memenuhi keinginan dan perlengkapan hidup yang lain. Allah swt. berfirman

?????????????? ????? ??? ????????? ????? ????? ????????? ???????

Seungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa..” QS. Al Hajj:40

Muhammad Shiddiq Kari, seorang komandan di salah satu medan tempur di wilayah Kabul, dia adalah mahsiswa lulusan Universitas Islam Madinah al munawwarah–, dia mengatakan bahwa dirinya pernah menguasai kota Kabul lebih banyak daripada Babrak Karmal dan di sana dengan menerapkan hukum Allah swt. Milik Allah-lah segalanya dan Allah swt. Maha Besar.

PENUTUP

Ada beberapa hal penting yang ingin saya ingatkan di dalam penutup ini, sebagi berikut:

  1. Hendaklah kepada setiap perguruan tinggi, sekolah dan lembaga-lembaga membentuk program pekanan yang disebut dengan pekan nushrah (pekan perduli) untuk Afghanistan, yang kegiatannya mengumpulkan harta dan mengirimkannya melalui seseorang atau ormas yang ingin menuju ke Pesawar dan memberikannya kepada penanggugjawab, syekh Sayyaf.
  2. Hendaknya media islam memberikan perhatian dengan cara mencantumkan kolom kusus untuk solidaritas jihad Afghanistan.
  3. Hendaknya setiap keluarga menyisihkan hartanya setiap hari dalam satu bulan untuk dibelanjakan bagi kepentingan jihad Afghanistan.
  4. Menjadwalkan diri untuk pergi ke Pesawar agar menyaksikan jihad Afghanistan, sehingga akan timbul semangat dan jiwa ini menjadi hidup menatap kehidupan.
  5. Hendaklah para tenaga medis meluangkan waktunya untuk hidup bersama mujahidin selama satu bulan saja dalam setahun.
  6. Kepada media-media islam, hendaklah mereka mengirim utusannya masuk ke dalam kancah pertempuran. Demikian pula kepada mereka yang sibuk dengan dunia informasi dan para wartawan, hendaklah mereka datang untuk membuat film documenter tentang jihad ini.
  7. Kepada negara-negara islam hendaklah mereka membuka pos-pos bagi relawan mujahid Afghanistan agar mereka mengetahui urusan mereka dan dapat menyalurkan bantuan untuk keperluan jihad.
  8. Sesungguhnya persoalan itu mudah bagi siapa saja yang dimudahkan oleh Allah swt, itu hanya beberapa dirham saja. Wahai para dai islam hati-hatilah kalian, wahai umat islam dunia bangunlah dari tidur nyenyak kalian sebelum masa ini habis. Sehingga kita tidak menyesal dengan mengisap jari sedang kesempatan itu tersia-sia. Allah swt. berfirman

????? ??? ?????? ????????? ????? ????? ???? ?????? ???? ??????? ????????? ?????? ???????

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat peringatan bagi orang-orang yang mempunyai hati atau yang menggunakan pendengarannya, sedang dia menyaksikannya.” QS. Qaf: 37

Ya Allah, saksikanlah saya telah menyampaikan, ya Allah saksikanlah.

Wahai umat islam dunia bangunlah kalian dari tidur.

Berbagai tindak penindasan yang menimpa kaum muslimin di berbagai tempat di bumi ini sudah bukan hal yang disembunyikan lagi. Namun para ulama telah menghancurkan mereka, mencela dan menginjak-injak harga diri mereka. Di mana saja ada kekuatan umat islam bergerak atau ada sekelompok bersenjata, kekafiran dengan segera bergerak menyerbu kaum muslimin. Mereka bersiaga dan mengultimatum, kemudian mengancam dan mengintimidasi, kemudian murka dan memusuhi. Dan apa sih yang telah dicapai oleh gerakan islam di negeri-negeri Arab yang baik yang bisa menjadi contoh ? kami katakan, kami tidak melihat adanya hasil sejak meletusnya pernag Palestina. Dan orang-orang yang bergabung bersama mereka dari satu tempat menuju tempat lain sampai pada akhir periode jihad Afghan yang sangat memprihatinkan dan sangat menyakitkan dirasakan oleh bumi libanon. Dan di akhir peperangan selalu menyisakan di hadapan orang-orang nashrani tengkorak, tulang belulang, potongan anggotan tubuh manusia dan tumpahan darah. Bersabarlah saudaraku.

Sudah cukup lama kaum muslimin mempersiapkan kesungguhannya setelah mereka melihat pembantaian dan hancurnya tempat tinggal yang menimpa mereka. Sungguh peperangan besar di Hamat (Epiphania) –disebut dengan bencana besar abad modern– sangat jelas menunjukkan bahwa mustahil antara islam dan jahiliyah dapat dipertemukan di atas bumi manapun, Alalh swt. telah berfirman,

????? ?????????? ???????????????? ?????? ???????????? ???? ????????? ???? ????????????

Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka (dapat) mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran), seandainya mereka sanggup.” QS. Al baqarah: 217

Telah lama kita berfikir bagaimana basis yang kokoh itu muncul di bumi ini, yang diharapkan akan menjadi star pertama penyebaran dakwah, manjadi benteng kokoh yang akan melindungi para da’i dari serbuan para penjajah jahiliyah. Apakah belum saatnya sekarang kita berfikir untuk mewujudkan Negara islam tegak di atas bumi bersama tegaknya agama Alalh swt. secara etika, hukum dan institusi ?

Sesungguhnya masyarakat yang islami adalah kebutuhan yang sangat mendesak seperti kebutuhan terhadap air dan oksigen. Di mana secara nyata di lapangan, tidak mungkin masyarakat islami itu akan terwujud melainkan harus berdiri di bawah naungan masyarakat yang muslim. Dan saya melihat Afghanistan adalah bumi yang paling utama dan pantas untuk mewujudkan bumi ini setelah perjalanan jihad Afghanistan sampai pada periode desas-desus munculnya cerita-cerita bohong dan seakan-akan pertolongan itu jauh dari angan-angan untuk diterapkan di dunia nyata.

Saat ini (katika buku ini ditulis), perkembangan jihad Afghanistan telah sampai pada hasil sebagai berikut:

  1. Mujahidin telah mampu menguasai 80 persen wilayah bumi Afghanistan. Sebagaimana yang pernah diucapkan oleh Carles Dunba, pejabat duta besar perdamaian Amerika di Kabul ketika diwawancarai oleh media elektronik bersama US NEWS AND WORLD REPORT pada Bulan Juli tahun 1983 M. “system pemerintahan Afghanistan sudah tidak memegang kekuasaannya melainkan hanya di Kabul dan beberapa distrik di sekitarnya saja, dan posisinya lemah di bagian tanah subur. Saya tidak yakin pemerintahan Kabul akan mampu bertahan sampai akhir musim panas tahun depan.”

Dan terkait dengan pengakuan terhadap perlawanan jihad di beberapa distrik ibukota, dia berkomentar demikian, “Beberapa sekolah-sekolah di beberapa daerah yang terjadi telah berkembang seperti layaknya system kepemimpinan yang sempurna.”

Dia juga menceritakan tentang kondisi kekuatan para mujahidin dengan mengatakan, “Tidak ada keraguan sedikitpun pada diriku, bahwa perlawanan itu semakin membaik dan persenjataannya pun semakin meningkat. Para plajuritnya juga mampu mengusai berbagai jenis senjata dibandingkan dengan kekuatan pasukan pemerintahan dan tentara Afghanistan. Mereka seperti pasukan yang terpilih. Perlawanan itupun dapat memasuki kota Kabul sejauh lima kilometer dari markas kedutaan Amerika.

  1. Syalizi, dia adalah orang yang membuat film tentang jihad Afghanistan di Pesawar, dia pernah berkata, Afghanistan akan menjadi langkah pertama begi kehancuran imperalis Rusia.
  2. Meitran, dia adalah hakim Prancis, dia pernah mengungkapkan, sesungguhnya Afghanistan adalah diibaratkan kepiting di dalam tubuh bumi kesatuan Uni Soviet, semakin lama dia berada di dalam, kepiting itu akan memakan daging tubuh.
  3. Kerugian yang diderita oleh Rusia setiap hari di Afghanistan adalah 40-60 juta dolar.
  4. Para pemuda Arab telah menyaksikan peristiwa di bulan Ramadhan dan syawal tahun 1403 H, yaitu pertempuran di kota Kabul. Di antara mereka ada yang mengungkapkan kepada saya, “saya melihat Allah-lah yang berperang di bumi Afghanistan.” Kemudian dia berkata, saya pernah ikut di dalam pertempuran di kota Kabul dan jumlah kami saat itu 120 mujahid. Beberapa pesawat helicopter menyerbu kami dengan menumpahkan peluru dan bomnya. Saat itu kami melantunkan kalimat syahadat karena kami pasrah pasti akan mati. Hasil pertempuran itu menyisakan 3 mobil panser hancur, 18 orang Rusia tewas, 13 orang komunis tewas dan 20 orang lainnya menderita luka-luka. Dan dari pihak mujahidin tidak ada seorangpun yang terluka.
  5. Hasil pertempuran yang terjadi antara pasukan mujahidin melawan tentara komunis selama satu tahun, dimulai pada Bulan Oktober tahun 1981 M sampai Bulan Oktober tahun 1982 M adalah: pertempuran yang dilakukan oleh mujahidin sebanyak 824 kali pertempuran, sebanyak 1.856 mujahid syahid dan 391 orang menderita luka-luka. Dan dari pihak kafir, 2.048 kendaraan perang berlapis baja hancur, 1.128 mobil tempur hancur, 1.272 orang menderita luka-luka, 61 pesawat tempur jatuh. Pasukan kafir menyerbu mujahidin sebanyak 149 kali, korban tewas di pihak mereka 33.129 plajurit, kerugian alat tempur sebanyak 772 pucuk senjata organic. Selain itu masih ada harta rampasan yang diperoleh pihak mujahidin. 3.687 pucuk senjata, 18 tenk baja, 58 mobil tempur, 2.289 tawanan dan 85 di antara mereka masuk islam. Data ini diperoleh dari departemen pendidikan dan kebudayaan persatuan mujahidin Afghanistan.
  6. Jumlah mujahidin mencapai jutaan mujahidin. Dari jumlah tersebut perlengkapan senjata mereka mayoritas adalah hasil rampasan perang, yaitu 350 sampai 400 ribu senjata. Sebagaimanan yang pernah dilontarkan oleh Syekh Sayyaf pada bulan ini.
  7. Pemerintahan Kabul telah mengajukan permitaan kepada komandan tempur mujahidin agar menghentikan pertempuran, kususnya di kota Kabul.
  8. Para menteri pemerintahan Kabul mengirim surat kepada Muhammad Shiddiq Kari meminta agar penyerbuan terhadap kota Kabul dihentikan dan mereka akan bersedia memberikan apa saja yang diinginkan, harta atau yang lainnya. Akan tetapi permintaan itu ditolak dengan ungkapan, “saya akan memenuhi permintaan kalian, namun dengan syarat kalian melepaskan diri dari agama komunis dan masuk agama islam.”

Pada bulan yang lalu, yaitu Bulan Syawal 1403 H dewan kementrian Afghanistan menguts utusannya menemui Muhammad Umar, komandan jihad Afghanistan di Baghman –80 Km dari kota Kabul–, dia mengatakan, “Kami berjanji dengan nama Allah, marilah kita satukan hak kita bersama demi darah kaum muslimin, demi Allah !! orang-orang komunis bersumpah dengan nama Allah karena gentar dan rasa takut.

Muhammad Umar menjawab: “Sesungguhnya ikatan perjanjian yang telah kami ucapkan kepada komandan tinggi Mujahidin, Syekh Sayyaf, adalah, kami tidak akan meletakkan senjata sampai bumi islam ini tegak, dan sebelum bumi islam itu tegak, maka tidak ada perundingan damai dan pertemuan.”

Setelah dua hari dari kalimat itu diucapkan, pasukan Komunis membombardir melalui serangan udara dan darat. Maka terjadilah pertempuran yang sengit antara dua pasukan yang berakhir dengan kerugian di pihak komunis, 40 tenk baja hancur, 3 pesawat tempur jatuh dan 500 plajurit tewas. Sedangkan korban dari pihak mujahidin tercatat 22 mujahid mati syahid.

  1. Pangkalan udara Kabul telah melancarkan serangan sebanyak dua kali selama dua bulan, Bulan Sya’ban dan Bulan Syawal tahun 1403 H. hasil yang diperoleh pada serangan kedua 4 pesawat hancur. Demikian pula tiga gedung warga Rusia hancur, bahkan pasukan Mujahidin dapat menguasai istana Babrak Karmal dengan mudah pada Bulan Syawal 1403 H. dan di balik itu semua, apa yang dilakukan oleh pasukan Rusia ? ternyata mereka membantai dan menyiksa  rakyat di beberapa distrik. Mereka menghancurkan kota Kandahar sebanyak tujuh kali, menghanguskan tanaman dan membunuh serta menghancurkan pemukiman warga.

Dan akibatnya setiap hari jumlah para muhajirin pun semakin bertambah menuju Pakistan. Akan tetapi al hamdulillah jumlah mujahidin pun semakin bertambah pula.

Krisis bahan makanan dan obat-obatan pun melanda di Afghanistan. Hal itu memaksa komandan jihad di Pesawar berfikir untuk mengirim makanan kepada para mujahidin. Akan tetapi tahukah kalian biaya pengiriman bahan makanan itu memerlukan biaya ? Untuk biaya satu unta yang membawa bahan makanan dari Pesawar menuju Kabul adalah sebesar 1.200 real. Padahal jumlah tersebut –seandainya dibagikan untuk kaum muhajirin– sudah mampu mencukupi kebutuhan hidup sepuluh keluarga Afghanistan selama satu bulan penuh.

Mereka (para mujahidin) telah kehilangan segala kenikmatan dunia baik primer dan sekunder. Mereka kehilangan segalanya. Mereka tidak memiliki apa-apa. Mereka hanya memiliki satu hal harta yang lebih berharga dari segala sesuatu, yaitu iman kepada Allah swt., ridha dengan taqdir-Nya dan bersabar atas cobaan.

Jihad itu butuh kepada orang-orang yang memiliki kecukupan dan memiliki keahlian perang. Jihad juga butuh kepada wartawan muslim, dokter muslim, insinyur muslim di bidang listrik, kimia dan elektronik. Demikian pula jihad butuh kepada orang yang berilmu, yang siap hidup bersama mereka dan mengajarkan kepada mereka pemahaman islam. Di mana para pelopor pahlawan kebangkitan islam ini telah banyak yang gugur di pertempuran islam demi mengangkat panji-panjinya.

Syekh Sayyaf berkata: jumlah kelompok kebangkitan islam yang pertama, yang berpegang teguh dengan petunjuk dan tarbiyah di dalam amal islami adalah berjumlah 270 pendidik. Dari jumlah tersebut yang tersisa sekarang adalah 80 orang.

Ada sebagian saudara kita yang bertanya kepada saya, apakah jihad itu membutuhkan rijal ? sayapun menjawabnya dengan jawaban yang tidak jauh berbeda dengan apa yang diucapkan oleh syekh Sayyaf, “Jihad Afghanistan sangat butuh kepada harta, namun rijal itu sebenarnya butuh kepada jihad.”

Sesungguhnya dzat yang menciptakan jiwa ini telah menjadikan jiwa ini akan lebih tersentuh dengan kenyataan dan perbuatan daripada hanya sekedar ucapan dan perkataan. Suasana pengorbanan dan membela kemuliaan adalah suasana yang paling efektif bagi pertumbuhan jiwa dan merupakan sebaik-baik pendidikan, akan melembutkan ruh dan menumbuhkan percaya diri. Oleh sebab itu menyaksikan contoh nyata akan lebih banyak melahirkan nilai positif daripada hidup bersama buku bertahun-tahun.

Orang-orang yang menghabiskan masa liburan tahunan di Eropa, Turki, Qubrus, ketahuilah bahwa rasulullah saw. telah bersabda

????????? ????????? ??????????

“Rekreasi umatku adalah berjihad.”

Salah seorang doctor fakultas Syari’ah pernah berbisik kepada saya, dia berkata: saya akan pergi ke Turki untuk mengunjungi ibukota khilafah !! lalu saya bertanya kepadanya: kenapa kamu tidak mengunjungi Pesawar saja, menyaksikan orang-orang yang sedang berjuang mengembalikan kekhilafahan ? akan tetapi tidak mungkin, tidak mungkin. Mereka hidup bukan untuk kepentingan islam, mereka tidak merasakan panasnya api yang sedang menggelisahkan mereka terhadap kondisi kaum muslimin. Berapa banyak fenomena yang memprihatinkan dan menimbulkan sakit di hati, kamu saksikan ada perkara penting di muka bumi ini yang terabaikan oleh benak kaum muslimin –bahkan oleh sebagian besar para dai kaum muslimin– dan urusan itu pun ditinggalkan begitu saja di dalam kelalaian.

Saya pernah bertanya kepada sebagian saudara-saudara seiman di Pakistan, berapa banyakkah alumnus doctor jurusan syariah yang berasal dari negeri Arab yang pernah ke Pesaawar dalam aktivitas ziarahnya sebagai bukti –meskipin hanya sekali– perhatiannya kepada urusan kaum muslimin ? jawabannya adalah sangat mengecewakan.

Saya sudah berbicara kepada para doctor peserta seminar masalah ekonomi islam ke-II di Islamabad, tidakkah kalian ingin pergi ke Pesawar ? sebagian mereka menolak dengan beralasan karena waktu yang tidak memungkinkan, maka saya berkata kepadanya, “Saya menganggap kepulangan kalian dari Islamabad tanpa kalian singgah lebih dahulu ke Pesawar adalah perbuatan dosa besar, karena dengan demikian hati kalian tidak merasa tergerak untuk memikirkan pentingnya urusan kaum muslimin di bumi ini.” Sebagian mereka berkata lagi, mereka telah mengatur untuk kami masalah mengunjungi tempat ini.” Saya berkata: mestinya mereka lebih utama menjadwalkan kalian mengunjungi pesawar (bumi jihad) –bukan untuk meratakan tanah dan batu-batuan–, akan tetapi untuk membangkitkan moral orang-orang Afghanistan yang sedang berhadapan dengan tenk-tenk Rusia dan kepiting merah. Karena jika moral ini hancur pasti puluhan jiwa manusia akan gugur di bawah kaki-kaki binatang yang beringas dan biadab. Bagaimanakah ingatan mereka kepada sabda rasulullah saw. berikut ini sehingga  seperti hilang dari benak para doctor fakultas syariah dan sarjana ekonomi islam itu?

?????????? ???? ???????? ????? ???? ???????? ?????? ???? ?????????? ????? ???????

“Sungguh keluar di pagi hari di jalan Allah swt. atau keluar di sore hari adalah lebih baik daripada dunia dan seisinya.”

Agar mereka mengetahui generasi dan agar mereka dapan menceritakannya,

??????? ?????? ???? ???????? ????? ?????? ???? ?????? ?????? ??????? ??????? ???? ????????????

“Berjaga sehari saja di jalan Allah swt. adalah lebih baik daripada seribu hari berjaga di selain tempat tersebut.”

Seabgaimana rasulullah saw. Bersabda,

?????????? ?????? ??????? ???????????

“Jannah itu berada di bawah lindungan kilatan pedang.”

Sesungguhnya mau berkunjung sekali saja ke bumi jihad, akan menumbuhkan jati diri dan semangat yang besar. Dia akan teringat kepada mati syahid dan jihad di dalam tidurnya dan akan selalu membangunkannya. Rasulullah saw. Besabda,

???? ?????? ????? ???????? ???????????? ???????? ????????? ????? ????????? ???????????? ?????? ????? ????? ?????????

“Barang siapa yang meminta kepada Allah swt. mati syahid dengan jujur, Allah swt. akan mengantarkannya menuju derajat orang-orang yang mati syahid meskipun ia mati di atas tempat tidurnya.”

Wahai para calon doctor, perhatikanlah urusan ini dan hati-hatilah terhadap akibat dari duduk-duduk tidak berjihad. Allah swt telah berfirman,

?????? ????????? ????????????? ???????? ???????? ?????????????? ??????? ?????????? ??????????????? ??????? ??????? ????? ????? ?????? ???????

Jika kamu tidak berangkat untuk berperang, niscaya Allah akan menyiksa dengan siksa yang pedih dan digantinya (kamu) dengan kaum yang lain, dan tidak akan dapat memberi kemudharatan kepada-Nya sedikitpun. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” QS. At Taubah: 39

Namun saying sekali, apakah kaum mulimin menyadarinya ? apakah mereka memperhatikannya ?  Allah swt. berfirman,

??????? ???????? ????????? ??????????? ??? ????? ????? ???????? ???? ??????????? ????? ????????????? ????????? ?????????????

Dan tidakkah mereka (orang-orang munafik) memperhatikan bahwa mereka diuji sekali atau dua kali setiap tahun, kemudian mereka tidak (juga) bertaubat dan tidak (pula) mengambil pelajaran?” QS. At Taubah: 126

Hendaknya orang-orang yang mampu dan berkecukupan mengetahui bahwa jihad dengan jiwa adalah fardhu ‘ain. Maka ada dua opsi, ikut serta dalam jihad ataukah memilih siksa. Setiap muslim hendaknya mengulurkan embernya (ikut memberikan sumbangsihnya) dalam kancah ini dan ikut serta membantu di dalam jihad sesuai dengan kemampuan yang ada. Allah swt. berfirman,

??? ????????? ????? ??????? ?????? ?????????

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” QS. Al Baqarah: 286

Fatwa syekh Abdul Aziz bin Bazz

Puji syukur kepada Allah swt. semata. Shalawat dan salam semo?a tercurahkan kepada nabi terakhir Muhammad saw., kepada keluarganya dan para sahabatnya. Wa ba’du

Allah swt. berfirman,

??????? ????????? ?????????? ????????????? ??? ??????? ????? ???????? ??????? ????????? ?????? ????????? ??? ????? ????????? ????????? ??????? ??????? ????????? ????? ???????

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki.” QS. Al Baqarah: 261

Rasulullah saw bersanda,

?????? ??????????????? ???? ???????????? ??????????????? ???????? ????????? ????? ???????? ?????? ?????? ???????? ???? ??????? ????????? ?????????? ???????????

“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam kerinduan dan kasih sayang mereka adalah seperti satu tubuh, apabila salah satu anggota tubuh itu merasakan sakit maka selurh tubuh akan merasakan demam dan gelisah.”

Rasulullah saw. bersabda,

??????????? ???????????? ?????????????? ??????? ???????? ???????

“Seorang mukmin dengan mukmin yang lain adalah seperti satu bangunan, antara satu dengan yang lain saling mengokohkan.” Dan beliau merekatkan jari-jemari kedua tangannya.

Rasulullah saw. bersabda,

???? ??????? ????????  ?????? ????? ?????? ???????? ???? ???????? ???????? ?????? ?????

“Barang siapa yang membiayai orang yang akan berperang maka dia telah ikut dalam pernag dan barang siapa yang membiayai keluarga orang yang sedang pergi berperang dengan baik maka dia telah berperang.”

Membentu para mujahidin dan muhajirin Afghanistan adalah di antara ibadah yang paling utama dan merupakan amal shaleh yang paling mulia. Di antaranya dengan menyalurkan harta dan perbekalan lainnya kepada mereka. Hikmah zakat di dalam islam, dan juga harta shadaqoh akan menyebabkan seseorang muslim memiliki keterikatan yang kuat kepada saudaranya. Karena dia merasakan sakit yang diderita dan yang sedang menimpa saudaranya, mungkin itu penyakit atau musibah-musibah yang lain. Hatinya akan merasa prihatin dan mendorongnya untuk memberikan apa-yang telah Allah swt. anugerahkan dengan hati ikhlas dan dengan perasaan tenang bersama iman.

Para mujahidin dan muhajirin –semoga Allah swt. memberikan taufik-Nya kepada mereka– seluruhnya butuh pertolongan guna menyelesaiakan persoalan hidup yang sedang dihadapi. Meskipun musuh mereka dan musuh islam terus mengerahkan kekuatannya dan persenjataannya serta segala apa yang dapat mereka mampui. Akan tetapi –segala puji bagi Allah swt.– mereka masih semangat dan tetap menyambung jihad fi sabilillah –sebagaimana yang selalu diberitakan oleh media– mereka tidak lemah dan tidak rela terhina, melainkan berakhir pula dari kebiadaban yang menimpa rumah-rumah mereka dan kerusakan yang diakibatkan oleh senjata Rusia beserta pesawat-pesawat tempurnya sampai kemiskinan yang menimpa keluarga mereka terobati. Kondisi itulah yang menyebabkan mereka harus hijrah secara bersama-sama menuju Pakistan. Kabar terakhir menyebutkan bahwa jumlah muhajirin Afghanistan mencapai tiga juta jiwa, seluruhnya lari dari rumah dan dari sumber mata pencaharian mereka. Mereka pun menjadi orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal dan kehilangan pekerjaan, kecuali yang dimudahkan oleh Allah swt. dengan limpahan nikmat dari Allah swt. yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan secukupnya.

Seruan ini ditujukan kepada saudara-saudara kami kaum muslimin di manapun mereka berada pada bulan yang mulia dan barakah ini, hal mana di bulan ini amal shaleh akan dilipatgandakan dan pintu-pintu jannah akan dibuka.

Hendaknya mereka memberikan dan mensedekahkan rizki dan harta yang Allah swt. limpahkan kepadanya dengan mengharap pahala dari Allah swt. di antaranya dengan menyalurkan zakat yang diwajibkan Allah swt. Bahwasannya di dalam harta mereka ada hak yang harus diperuntukkan kepada golongan yang telah Allah swt. sebutkan di dalam surat at Taubah –jumlah mereka ada delapan golongan–, salah satu di antaranya adalah saudara-saudara kita mujahidin dan muhajirin Afghanistan.

Alalh swt. mewajibkan harta tersebut kepada orang-orang kaya untuk diberikan kepada saudaranya yang muslim yang tercantum di dalam banyak ayat, seperti Allah swt. berfirman,

??????????? ??? ????????????? ????? ?????????? {24} ???????????? ??????????????

dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu, (24) bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta),” QS. Al Ma’arij: 24-25

Allah swt. berfirman,

????????? ??????? ??????????? ?????????? ?????? ????????? ???????????????? ????? ??????????? ????????? ??????? ??????????? ?????? ?????? ???????

Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya.Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” QS. Al Hadid: 7

Apa yang diberikan kepada saudaranya yang muslim akan mendapatkan pahala di akhirat, yaitu pada hari tidak ada sesuatu yang bermanfaat, harta dan anak, keculai yang kembali kepada Allah swt. dengan hati yang bersih. Sebagaimana musibah di dunia ini dapat terhindarkan. Kalaulah bukan karena Allah swt. kemudian amal shaleh dan kebaikan pasti musibah itu tidak dapat terhindarkan, atau dengan harta dan anaknya (yang shaleh). Allah swt. akan mengalihkan musibah itu oleh karena harta yang disedekahkan dari harta yang baik dan karena amal shaleh.

Rasulullah saw. bersabda,

??? ?????? ????? ???? ????????

“Harta itu tidak akan berkurang karena disedekahkan.”

Beliau saw. juga bersabda,

????? ??????????? ????????? ????????????? ????? ???????? ???????? ????????

“Sesungguhnya shadaqoh itu dapat memadamkan kesalahan sebagaimana air itu dapat memadamkan api.”

Rasulullah saw. bersabda di dalam hadits shahih,

????????? ???????? ?????? ??????? ????????

“Jagalah dirimu dari api neraka walau hanya dengan setengah kurma.”

Wahai kaum muslimin, saudara kalian di Afghanistan tengah menahan sakit dan lapar serta terasing. Dan mereka harus menghadapi peperangan yang menyulitkan. Mereka sangat membutuhkan pakaian, makanan dan juga obat-obatan. Sebagaimana para mujahidin yang sangat membutuhkan persenjataan perang untuk melawan musuh-musuh Allah dan musuh mereka. Wahai kaum muslimin, berikanlah apa yang telah Allah swt. limpahkan kepadamu untuk membantu mereka. Kasihanilah mereka ! Allah swt. pasti akan melimpahkan keberkahan kepada kalian.

Contohlah rasulullah saw. dalam hal kepedulian beliau kepada orang-orang seperti muhajirin Afghanistan yang telah diusir dari rumah dan negerinya. Sebagaimana disebutkan di dalam hadits shahih dari Jabir bin Abdullah al Bajali ra. dia berkata, suatu ketika kami bersama rasulullah saw. pada siang hari. Lalu ada sekelompok orang datang dengan mengenakan jubah dan mengalungkan pedangnya. Seluruhnya berasal dari Bani Mudhar. Kemudian wajah rasulullah saw. berubah seperti orang marah ketika melihat mereka tampak seperti orang yang sedang membutuhkan sesuatu. Kemudian beliau masuk ke dalam rumah dan kembali keluar, beliau memerintahkan kepada Bilal untuk mengumandangkan adzan dan iqamah. Kemudian beliau shalat dan dilanjutkan dengan khutbah di hadapan manusia. Beliau membaca ayat berikut,

???????? ???????? ???????? ????????? ??????? ????????? ????? ?????? ????????? ???????? ??????? ????????? ??????? ????????? ???????? ???????? ????????? ?????????? ????? ??????? ???????????? ???? ?????????????? ????? ????? ????? ?????????? ????????

Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” QS. An Nisa: 1

Dan surat al Hasyr ayat 18

??????????? ????????? ????????? ???????? ????? ??????????? ??????? ????????????? ??????

Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat),” QS. Al Hasyr: 18

Lalu ada seorang laki-laki mensedekahkan uang dinar, uang dirham, satu sha’ biji-bijian. Sampai beliau bersabda, “walaupun hanya setengah dari kurma.” Jabir berkata, ada soerang laki-laki dari anshar datang dengan bungkusan yang dia sendiri tidak mampu mengangkatnya. Kemudian yang lain ikut bersedekah sampai saya melihat ada dua tumpukan bahan makanan dan pakaian yang menyerupai bukit, dan saya melihat wajah rasulullah saw. tampak gembira dan seperti orang yang memakai wewangian (berdandan). Beliau saw. bersabda,

???? ????? ???? ???????????? ??????? ???????? ?????? ????????? ???????? ???? ?????? ????? ???? ???????? ???? ?????? ???? ???????? ???? ???????????? ?????? ?????? ????? ???? ???????????? ??????? ????????? ????? ???????? ????????? ???????? ???? ?????? ????? ???? ???????? ???? ?????? ???? ???????? ???? ????????????? ??????

“Barang siapa yang berbuat satu contoh yang baik di dalam islam maka baginya adalah pahala dan pahala orang setelahnya yang mengamalkan contoh tersebut tanpa dikurangi pahalanya sedikitpun. Dan barang siapa yang berbuat satu contoh buruk di dalam islam maka baginya adalah dosa dan dosa orang setelahnya yang melakukan contoh tersebut tanpa dikurangi dosanya sedikitpun.” HR. Muslim di dalam shaahihnya.

Kemudian nafkah ini, kalian akan mendapatkan pahala dan kalian akan mendapatkan gantinya, sebagaimana Allah swt. berfirman,

??????????????? ???? ?????? ?????? ?????????? ?????? ?????? ?????????????

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan _ial ah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” QS. Saba: 39

Rasulullah saw. bersabda, Allah ‘Azza wa jalla berfirman,

??? ????? ????? ???????? ???????? ????????

“Wahai anak Adam berinfaklah kalian maka kalian akan mendapatkan nafkah.”

Kami memohon kepada Allah swt. semoga Dia melipatgandakan pahala kalian dan menerima apa yang telah kalian berikan. Dan semoga Allah swt. menolong para mujahidin Afghanistan dan mengokohkan kedudukan mereka di dalam jihad. Semoga Allah swt. memberikan kemenangan atas musuh islam dan musuh mereka. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Muhammad saw., keluarganya dan para sahabatnya.

Ketua Umum Forum Kajian Ilmiyah, Fatwa dan Dakwah

Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz

Penggunaan Senjata Kimia Di Afghanistan

Pembahasan ini bukan dari ucapan syekh Abdullah Azzam, akan tetapi pernyataan wartawan yang diambil dari beberapa media cetak.

Pada hari Kamis bulan ini muncul seruan dari sebagian komandan mujahidin di lembah Pansyir meminta dengan segera agar dikirim selimut (masker dll) untuk menghindari dari dari serangan senjata beracun yang mematikan. Ini mengisyaratkan bahwa adanya penggunaan senjata bahan kimia di tempat tersebut.

Pengakuan ini berdasarkan sumber mujahidin Afghanistan pada tanggal 27 Februari yang dilansir oleh badan informasi Afghanistan yang menyatakan bahwa kekuatan Uni Soviet telah mengerahkan senjata kimia untuk menggempur pasukan mujahidin. Penggunaan senjata beracun ini bertujuan untuk membuka blockade yang dilakukan oleh mujahidin di jalur utama yang menghubungkan jalur kota Kabul menuju Jalalabad. Pasukan mujahidin telah menguasai jalur yang sangat penting ini dan mereka mampu memporak-porandakan kekuatan Uni Soviet. Setelah kekuatan ini tidak mampu membuka blockade jalan, mereka mengirim pasukan serbu dan mengirim pasukan udaranya untuk menggempur posisi pasukan mujahidin.

Berdasarkan saksi mata di wilayah tersebut, beberapa bom yang dilontarkan mengeluarkan gas berwarna kuning (yang diyakini itu adalah hujan kuning). Akaibatnya beberapa personal mujahidin yang berada di wilayah tersebut merasakan sesuatu yang melekat di tubuhnya. Setelah beberapa saat peristiwa itu terjadi sebagian mujahidin menderita tuli, sebagian yang lain ada yang mengalami sakit di bagian kulit dan yang lain ada yang merasa matanya terbakar.

Berdasarkan sumber mujahidin, bahwasannya kekuatan pasukan Uni Soviet mengerahkan kekuatannya pada tanggal 21 Maret bulan lalu dengan mengikutsertakan sekelompok tenaga ahli di bidang bahan kimia dan biologi dengan kemampuannya yang beragam di bumi Afghanistan.

Beberapa pengamat menyimpulkan bahwa di sana terdapat bukti-bukti yang menunjukkan adanya penggunaan senjata kimia dan biologi dari pihak Negara kesatuan Uni Soviet di Afghanistan. Dan itu melebihi peristiwa Libertokul pada tahun 1952 M. Sebagaimana yang disebutkan oleh sumber media yang terbit pada tanggal 30 Desember 1981 M, bahwa salah satu tentara Soviet di Afghanistan tewas ketika menggunakan senjata beracun itu.

Akibat yang disebabkan oleh senjata tersebut bergantung kepada jenis zat kimia dan biologi yang digunakan di Afghanistan. Seperti yang dilansir oleh sebagian sumber pemberitaan terpercaya bahwa ada 3040 orang tewas di 47 tempat kejadian secara terpisah karena akibat senjata kimia di Afghanistan di petengah tahun 1979 M hingga pertengahan tahun 1981 M. dan seluruh korban diyakini akibat senjata kimia yang pernah di tebar di Afghanistan, Laos, Kambojia, semuanya mencapai 10527 jiwa tewas…….. keterangan itu juga berdasarkan komentar sebagian angkatan bersenjata Afghanistan yang menyerahkan diri kepada mujahidin. Sesungguhnya Uni Soviet telah menggunakan dua jenis bahan kimi yang sangat berbahaya di Fghanistan, yaitu: (? ??????? ???????? atau ?????).

Serangan Pasukan Uni Soviet ke Lembah Pansyir

Usaha keras uni Soviet ini bertujuan untuk mereaslisasikan rencana menaklukan basis kekuatan mujahidin Afghanistan. Pada tanggal 20 April dikabarkan ada 200 granat jenis TB 16 yang diluncurkan oleh pesawat Uni Soviet di Asia Tengah sampai ke lembah Ponsyir, yaitu lembah sempit yang tidak berpenghuni. Penyerbuan dari arah udara yang menyerang kekuatan islam Afgahnistan berlangsung hingga tiga hari. Para pengamat menilai bahwa serangan pasukan Uni Soviet ke basis besar mujahidin di lembah Ponsyir merupakan karena basis itu menjadi ancaman serius bagi suplai rangsum pasukan Uni Soviet menuju bumi Fghanistan yang terletak 80 Km dari kota Kabul. Dan pertempuran ini dapat dikatakan sebagai pertempuran terakhir melawan mujahidin di lembah Ponsyir yang dapat dikategorikan pertempuran yang paling besarbagi tentara Uni Soviet. Kenapa demikian, karena perang ini melibatkan berbagai unsure kekuatan pasukan Uni Soviet dan gabungan tentara Afghanistan yang tergabung dalam pemerintahan komunis. Pasukan musuh mencapai jumlah 20 ribu tentara yang dilengkapi dengan peralatan berat yang terdiri dari kendaraan lapis baja dan rompi anti peluru serta perlengkapan 500-800 kendaraan anti perulu.

Berdasarkan keterangan dari pentagon, bahwa perkembangan Uni Soviet menuju lembah sangat lambat. Kekuatannya tidak dapat melangkah mendekati lembah melainkan hanya 10 Km saja perhari.

Strategi yang digunakan mujahidin adalah memilih mundur dari lembah dan kemudian masuk mendaki gunung dan gua untuk mengelabui pasukan musuh agar mereka masuk ke dalam lembah, dengan demikian pasukan mujahidin akan lebih mudah melancarkan serangan yang membekas.

Strategi ini pun berhasil menghadapi pertempuran yang besar terakhir seperti yang terjadi para pertempuran sebelumnya ketika penyerbuan pasukan Uni Soviet sebelumnya. Pada saat pasukan mujahidin mundur dari lembah Ponsyir mereka terlebih dahulu menanam ranajau. Sedang regu yang lain melakukan serangan dari bukit gunung. Lembah Ponsyir adalah lembah yang sebagian wilayahnya diklelilingi perbukitan dan sebagian yang dikelilingi oleh sungai. Itulah factor yang menyebabkan pasukan Uni Soviet sangat lambat menembus pertahanan mujahidin. Dan bagi mujahidin posisi itu sangat mudah untuk melakukan serangan kea rah pasukan Uni Soviet tanpa ada kerugian yang berarti. Di pertempuran terakhir ini, pasukan Uni Soviet mengerahkan kekuatan melalui udara guna menguasai titik-titik strategis di lembah tersebut, hanya saja strategi yang diterapkan tidak berhasil sesuai yang diharapkan karena pertahanan mujahidin di lembah cukup kuat. Kekuatan muhjahidin yang bermarkas di lembah saat itu berjumlah antara lima sampai sepuluh ribu mujahidin.

Dan telah diketahui saat itu pemipin mereka, Ahmad Syah Mas’ud tengah ikut dalam perundingan yang memicu pertikaian dengan pemerintahan Afghanistan yang berkuasa pada tahun lalu yang mendapat dukungan dari kekuatan Uni Soviet. Perundingan itu berlangsung seiring dengan dihentikannya baku tembak selama kurang lebih satu tahun.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh pasukan mujahidin yang lain untuk mengokohkan posisi mereka dan memperluasan daerah pertahanan ke wilayah-wilayah di luar lembah Ponsyir.

Dan ternyata pemerintahan Karmal yang komunis membuat tipudaya dari perang besar untuk menggoncangkan para mujahidin yang tersebar di seluruh wilayah negeri Afghanistan. Pada hari pertama ekspansi militer ke lembah Ponsyir, departemen informasi Kabul memberitakan bahwa infansi militer itu telah berhasil mencapai target dan lembah tersebut jatuh ke tangan Uni Soviet. Dan terulang lagi, bahwa komandan mujahidin di sana diprediksikan kuat telah terbunuh atau tertangkap. Namun apa yang diprediksikan oleh pihak pemerintah justru sebaliknya. Dan sesungguhnya para mujahidin telah menyerahkan jiwa raga mereka untuk jihad melawan tentara Rusia di seluruh tempat.

Namun demikikian, yang menyedihkan adalah pasukan Uni Soviet di bumi Afghanistan banyak menggunakan senjata pemusnah masal untuk melawan mujahidin, menghancurkan pemukiman penduduk yang di kota dan di desa dengan senjata kimia atau dengan cara menyebarkan firus beracun.

Kisah tentang penggunaan senjata kimia dan biologi di bumi Afghanistan bukanlah fenomena yang baru. Banyak pengakuan yang menyatakan bahwa Uni Soviet telah menggunakan berbagai macam bahan kimia yang berbahaya itu. Salah satu bukti itu adalah keterangan dari salah seorang tawanan pasukan Rusia yang tertangkap oleh mujahidin, dia mengatakan, Sesungguhnya Uni Soviet telah menggunakan 9 jenis senjata kimia. Ini baru satu bukti, dan sedikitnya ada lima orang yang memberikan keterangan tentang senjata kimia itu. Kelima orang itu, semua adalah orang Rusia yang dikirim ke Afghanistan pada periode kahir perang

Badan unit bahan kimia Uni Soviet bermarkas di Banjrom, Kabul dan Syanadand. Dan markas udara ada di Kondaz. Tidak diketahui secara pasti factor apa yang mendorong Uni Soviet membuat cadangan keamanan yang besar itu.

Pada tanggal 24 Maret pasukan penjajah menjatuhkan senjata beracunnya di kota Banjawai yang diiringi dengan kota Kandahar sehingga menyebabkan penduduk Banjawai dan Syibirewan terjangkit penyakit kulit diserta luka-luka dan rasa pedih di bagian mata. Diberitakan bahwa operasi penyerangan dengan senjata kimia di Kandahar berhasil dilakukan dengan bantuan intelejen Uni Soviet yang bermarkas di pangkalan Syanadand.

Pada tanggal 26 Maret juga terjadi penyerangan dengan senjata kimia melalui pesawat Uni Soviet yang berdampak kepada ribuan orang Afghanistan terserang penyakit kulit dan organ penglihatan. Dan sebelumnya pun, yaitu tanggal 9 maret, sebagian wilayah Baglan telah diserbu dengan bom yang mengandung bahan kimia. Dan dikuatkan lagi dengan beberapa berita yang termuat pada tanggal 19 November 1982 M, operasi penyerangan dengan senjata kimia di Afghanistan berlangsung sampai bulan Oktober tahun 1982 M. Menurut salah satu pernyataan tadi bahwasannya para informen Amerika dapat mengetahui zat ??????????? yang biasanya digunakan di dalam perang senjata kimia melawan berbagai kekuatan penjajah.

Amerika dan Senjata Biologi

Beberapa sumber media memberitakan pada akhir Bulan Februari tahun 1982 M beberapa sarjana Amerika yang bekerja di Pakistan, mereka bekerja keras memproduksi beberapa jenis zat kusu yang berasal dari nyamuk malaria untuk dijadikan firus yang mengakibatkan sakit kulit yang disebarkan di Afghanistan dan Pakistan. Meskipun pemerintah Pakistan mengingkari kenyataan itu, namun pemerintah segera mengusir sarjana Amerika yang bekerja melakukan uji coba penelitian virus malaria yang dikumpulkan oleh orang-orang Amerika di Pakistan.

Dan apapun persoalannya, tekanan yang bersifat tindak militer dan politik terhadap mujahidin kian hari semakin berat. Kususnya urusan Afghanistan yang menjadi barang perebutan antara dua kekuatan, namun mujahidin Afghanistan dapat keluar dari apa yang diperebutkan oleh dua Negara adidaya ini (Amerika dan Uni Soviet) dan memutuskan untuk memerdekakan diri dengan  mempertaruhkan jiwa dan pengorbannya.

–selesai–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tulisan Terkait

Tulisan Rekomendasi

Tulisan Terbaru

Tulisan Terpopuler

No Content Available